Wisata

Kunjungi 5 Wisata Religi di Cirebon Sembari Belajar Mengenal Sejarah Peninggalan Budaya Islam

204
×

Kunjungi 5 Wisata Religi di Cirebon Sembari Belajar Mengenal Sejarah Peninggalan Budaya Islam

Share this article
5 Wisata Religi di Cirebon
Example 468x60

Wisata Religi di Cirebon Sembari Belajar Mengenal Sejarah Peninggalan Budaya Islam, nomis.id – Cirebon merupakan kota yang terkenal dengan sebutan Kota Udang. Letaknya berada di jalur pantai utara provinsi Jawa Barat, namun berbatasan langsung dengan provinsi Jawa Tengah. Banyak orang yang mengira bahwa Cirebon berada di Jawa Tengah, tetapi kenyataannya bahwa Kota yang dikenal dengan Kota Para Wali ini berada di Jawa Barat.

Seperti yang telah diketahui sebelumnya bahwa Kota Cirebon memiliki sejarah peninggalan budaya islam yang mana juga ternyata ada sebanyak 2 Wali Songo yang pernah tinggal di sana. Jadi, seharusnya kamu juga sudah tahu bahwa memang benar kota yang satu ini memiliki banyak tempat wisata religi di Cirebon.

Example 300x600

5 Wisata Religi di Cirebon

Dari banyaknya tempat wisata religi di Cirebon, kami akan memberikan 5 tempat wisata religi di Cirebon yang bisa kamu kunjungi sendirian, bersama teman, keluarga, atau bahkan rekan kerja.

5 Wisata Religi di Cirebon

1. Makam Sunan Gunung Jati

Siapa yang tidak kenal adanya makam Sunan Gunung Jati di Cirebon? Bahkan hampir semua orang mengetahuinya. Wisata religi ini banyak dikunjungi oleh orang-orang yang ingin berziarah bahkan hampir setiap harinya tempat ini sangat penuh oleh orang-orang yang berkunjung.

Biasanya orang akan sengaja bersama-sama dalam satu rombongan dengan jumlah yang cukup banyak untuk bisa berkunjung ke makam Sunan Gunung Jati atau makam Syarif Hidayatullah. Tak hanya orang Cirebon saja, tetapi banyak juga orang daerah luar yang datang berkunjung.

2. Keraton Kasepuhan

Salah satu tempat wisata religi di Cirebon yang bisa kamu kunjungi adalah Keraton Kasepuhan. Banyak juga orang yang ingin mengunjungi tempat tersebut, karena memiiki peninggalan budaya islam yang cukup kental.

Artikel Terkait: Heboh! 5 Wisata Terbaru di Tulungagung Terkenal Keren Mirip Bali Banget

Di dalam keraton tersebut ternyata merupakan museum pusaka yang sudah memiliki banyak beda bersejarah lainnya, salah satunya adalah kereta kencana Singa Barong. Kamu bisa berkunjung ke sini saat liburan tiba.

Meskipun hanya sebuah museum, tapi banyak orang yang datang berkunjung karena ingin mengetahui sejarah daripada setiap benda yang berada di dalam keraton kasepuhan. Biasanya orang yang datang banyak yang dari daerah lain.

3. Petilasan Sunan Kalijaga

Tempat wisaya religi di Cirebon yang satu ini juga merupakan tempat yang banyak dikunjungi oleh orang lain. Karena merupakan salah satu tempat yang paling menarik perhatian banyak orang.

Tempat ini merupakan tempat tinggal Sunan Kalijaga saat melaksanakan penyebaran agama islam. Biasanya orang akan berkunjung ke sini setelah dari makam Sunan Gunung Jati.

4. Masjid At-taqwa

Saat pergi ke Cirebon kamu bisa kunjungi masjid ini untuk beribadah di sana, karena letak dari masjid ini berada di samping alun-alun Kota Cirebon.

Selain tempatnya yang strategis, kamu perlu tahu bahwa biasanya ada kegiatan religi yang juga akan selalu penuh, salah satu acaranya adalah kajian Buya Yahya pada setiap senin malam.

5. Taman Wisata Gua Sunyaragi

Kunjungi taman wisata gua sunyaragi saat kamu mengunjungi kota ini, karena salah satu tempat wisata religi yang berada di Cirebon. Selain itu, tempat ini memiliki kisah yang sangat terkenal mengenai sejarah pada jaman dahulu.

Banyak orang yang percaya bahwa taman wisaya Gua Sunyaragi ini berhasil dibangun oleh Pangeran Kararangen yang merupakan cicit dari Sunan Gunung Jati pada tahun 1703 Masehi. Letaknya berada di samping jalur pantura.

Tempat ini memiliki unsur budaya dan sejarah yang sangat kuat, terlebih juga dengan bangunannya yang terbilang unik sehingga banyak orang yang penasaran untuk berkunjung ke sana. Kamu juga bisa kunjungi tempat ini kapanpun sebisa mu.

Penutup

Itu dia 5 tempat wisata religi di Cirebon yang bisa kamu kunjungi sembari belajar sejarah peninggalan budaya islam dari tahun ke tahun yang tak pernah sepi pengunjung.

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *