KepercayaanWisata

7 Makanan Khas Paskah dan Jumat Agung yang Dihidangkan di Berbagai Negara, Ini Dia Maknanya!

257
×

7 Makanan Khas Paskah dan Jumat Agung yang Dihidangkan di Berbagai Negara, Ini Dia Maknanya!

Share this article
Makanan Khas Paskah dan Jumat Agung
Example 468x60

Makanan Khas Paskah dan Jumat Agung yang Dihidangkan di Berbagai Negara, nomis.id – Setiap perayaan hari besar keagamaan pasti memiliki ciri khasnya sendiri, entah dari cara beribadahnya hingga makanan khas yang dihidangkan dalam sebuah acara yang memiliki arti tersendiri. Banyak orang yang hanya mengetahui setiap hidangan yang tampak di depan matanya, namun tidak dengan makna sesungguhnya mengapa makanan tersebut berada di meja hidangan.

Berbagai hidangan yang disuguhkan pada saat perayaan hari besar keagamaan, hal ini ternyata sudah menjadi tradisi dari berbagai negara yang berbeda-beda. Terdapat makanan khas paskah dan jumat agung yang dihidangkan di berbagai negara dengan makna yang tertunya sangat dalam. Sehingga makanan tersebut memang khusus disiapkan pada saat perayaan.

Example 300x600

Memang sebuah perayaan sangat erat dengan makanan yang dihidangkan. Karena itu kami akan mengulas sedikit tentang makanan khas paskah dan jumat agung yang dihidangkan diberbagai negara karena memiliki makna tertentu. Simak terus artikel ini untuk mendapatkan penjelasan terkait dengan makanan yang dihidangkan di bawah ini.

Makanan Khas Paskah dan Jumat Agung

Makanan Khas Paskah dan Jumat Agung

Amerika Serikat

Saat memperingati Paskah ternyata orang Amerika Serikat menghidangkan daging ham panggang yang terlihat sangat lezat. Mereka meracik daging ham panggang yang dihidangkan tersebut dengan sangat manis karena bumbunya yang terbuat dari madu, gula merah, dan irisan nanas.

Asal mulanya tradisi memakan daging ham panggang ini karena belum adanya kulkas pada saat itu, sehingga setiap musim gugur mereka memotong makanan untuk perayaan paskah agar sebelum menjelang paskah mereka sudah memiliki makanan yang siap dihidangkan.

Polandia

Di Polandia terdapat makanan yang khusus dihidangkan pada saat paskah, yaitu White Broscht atau sering disebut dengan istilah Zurek. Ternyata makanan tersebut mudah ditemukan, apalagi saat masa liburan tiba. Terbuat dari tepung rye yang telah diasamkan, kemudian dicampur dengan sosis dan telur rebus sehingga sup ini hangat dan bisa membuat kenyang.

Argentina

Argentina memiliki tradisi saat paskah yaitu menghidangkan makanan kue tar paskah dengan isian ricotta, telur rebus, bayam, artichoke, dan peterseli. Kerennya lagi makanan ini dibuat khusus dengan tidak menggunakan bahan daging, melainkan banyaknya telur sebab hal ini melambangkan kebangkitan Yesus Kristus.

Makanan Khas Paskah dan Jumat Agung

Ekuador

Makanan khas paskah dan jumat agung juga biasa dihidangkan di Ekuador dengan sup lezat yang terdiri dari beragam biji-bijian, kacang-kacangan, bacaleo, dan ikan cod asin kering bernama Fanesca. Terdapat 12 jenis kacang yang berbeda-beda digunakan dalam pembuatan sup ini, karena dipercayai bahwa hal tersebut merupakan lambang 12 apostel, sedangkan khusus bacalao sendiri mempresentasikan Yesus.

Rusia

Makanan khas paskah dan jumat agung juga ada di Rusia. Dalam pembuatan dessert yang memiliki cita rasa asin yang dapat dimakan langsung dengan menambahkan roti ternyata dibuat menggunakan keju cottage dan krim keju. Di Rusia sendiri makanan tersebut dihidangkan saat paskah dan jumat agung karena memiliki arti kristus telah bangkit melalui hiasan huruf XB.

Artikel Terkait: Apa Itu Kamis Putih? Ini Dia Perbedaan Jumat Agung dan Kamis Putih. Simak Selengkapnya!

Jerman

Tak hanya negara-negara di atas, Jerman juga memiliki makanan yang khas untuk dihidangkan pada perayaan hari besar keagamaan termasuk paskah dan jumat agung. Makanan yang dihidangkan adalah kerbelsuppe dibuat dari chervil. Sup ini ternyata dimakan pada kamis maundy sebelum hari paskah, itu menjadi alasan mengapa sup ini berwarna hijau.

Meksiko

Di Meksiko ada makanan bernama capirotada yang dibuat untuk melambangkan peristiwa penyalibab Yesus Kristus. Terdapat batang kayu manis melambangkan salib, ada juga tambahan cengkeh yang dianggap sebagai paku, dan rotinya sendiri merupakan tubuh kristus.

Penutup

Itu dia 7 makanan khas paskah dan jumat agung di berbagai negara yang dapat kamu santap ketika mengunjungi negara-negara tersebut saat paskah atau jumat agung.

Apabila kamu tertarik dengan makanan yang telah kami informasikan di atas, namun belum sanggup untuk pergi ke negara tersebut bisa juga kamu membuatnya secara mandiri. Kamu bisa menghidangkannya saat paskah dan jumat agung.

Namun untuk mempelajari cara membuat makanan yang disebutkan di atas, bisa kamu lakukan saat ada waktu senggang atau luang untuk bisa mahir membuatnya saat hari suci tersebut datang.

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *