Umum

Cara Cek Tagihan SPPT PBB Kabupaten Sukabumi Secara Online

962
×

Cara Cek Tagihan SPPT PBB Kabupaten Sukabumi Secara Online

Share this article
Example 468x60

Cara Cek Tagihan SPPT PBB Kabupaten Sukabumi, nomis.id – Membayar Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT) Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) ternyata merupakan salah satu kewajiban masyarakat. Semua orang harus patuh terhadap aturan yang telah diumumkan oleh pemerintah terkait kewajiban bayar pajak.

Biasanya seluruh masyarakat akan membayar SPPT melalui kantor kelurahan atau kantor desa sesuai daerahnya masih-masing. Dalam pembayarannya, pajak tersebut harus dilunasi paling lambat 6 (enam) bulan sejak tanggal diterimanya SPPT tersebut oleh Wajib Pajak.

Example 300x600

Terdapat nominal yang harus dibayarkan untuk surat yang diterima, apabila kamu merupakan seorang wajib pajak sebaiknya segera melakukan pelunasan terhadap pajak yang tertagih, karena akan dikenakan biaya keterlambatan semisal pembayaran dilakukan lewat dari tanggal jatuh tempo.

Apa Itu SPPT?

SPPT merupakan sebuah surat keputusan dari kantor pelayanan pajak (KPP) terkait dengan pajak terutang dalam kurun waktu 1 tahun. Tentunya SPPT sendiri memiliki fungsi, yaitu sebagai dokumen yang menunjukkan besarnya utang atas pajak bumi dan bangunan (PBB) yang sudah menjadi kewajiban untuk wajib pajak.

Wajib pajak yang terdapat pada SPPT PBB tentunya merupakan wajib pajak yang sudah terdaftar di pemerintah sehingga akan keluar nama yang bersangkutan, tapi memang ada sebagian orang yang tidak melakukan balik nama atas SPPT PBB nya hanya sertifikatnya saja.

Kamu tidak perlu khawatir terhadap hal seperti itu, karena yang diperlukan saat melakukan pembayaran mengacu pada nomor objek pajak (NOP). Usahakan bahwa NOP yang kamu terima merupakan NOP yang sesuai dengan tagihan sebelumnya.

Cara Cek Tagihan SPPT PBB Secara Online

Saat kamu sudah melakukan kewajiban sebagai wajib pajak yang melunasi tagihan pajak terutang, maka kamu akan merasa lega sebab tidak perlu lagi membayar biaya tambahan semisal membayar tagihan tidak tepat waktu.

Seseorang berhak merasa tidak percaya atas pembayaran yang sudah dilakukan oleh wajib pajak sehingga membutuhkan pemantauan terkait pajak terutang yang selalu dibayarkan sehingga tidak ada lagi pajak yang terutang setiap tahunnya.

Cara Cek Tagihan SPPT PBB Secara Online

Berikut ini merupakan cara cek tagihan SPPT PBB secara online yang bisa kamu ikuti langkah-langkahnya di bawah ini, namun perlu kamu ketahui bahwa cek tagihan SPPT PBB secara online ini hanya untuk wilayah kabupaten Sukabumi saja.

  1. Gunakan browser yang terdapat pada ponsel pintar atau perangkat komputer
  2. Buka browser tersebut, kemudian masukan link atau URL: http://sukabumikab.v-tax.id
  3. Klik enter, lalu tunggu halaman benar-benar terbuka
  4. Ketika sudah terbuka, kamu akan melihat form yang harus kamu isi dengan benar, antara lain ID Wajib Pajak, NOP, dan Kode Verifikasi
  5. Masukkan NOP yang ingin kamu cek tagihan SPPT PBB nya
  6. Lalu masukkan juga kode verifikasi yang tampil berwarna biru dengan titik-titik yang tidak beraturan pada kolom yang sesuai dengan perintahnya
  7. Kamu tidak perlu memasukkan ID Wajib Pajak, karena itu hanya optional saja
  8. Klik Cari yang berwarna hijau
  9. Tunggu sebentar hingga benar-benar melihat sebuah tabel yang terdapat pada bagian bawah form tersebut
  10. Selesai

Kamu akan melihat tabel yang rapi sesuai dengan NOP yang kamu cari sebelumnya. Untuk melanjutkan tindakan yang kamu inginkan, seperti mencetak tagihan SPPT semua tahun (sesuai dengan tabel yang ada) dan e-SPPT terbaru tahun berjalan bisa ikuti langkah dibawah ini.

Apabila kamu ingin mencetak tabel tersebut, kamu hanya perlu mencari button atau tombol Cetak PDF yang berwarna hijau pada bagian kanan di atas tabel, kemudian page baru akan terbuka menampilkan surat yang sah dari pemerintah kabupaten Sukabumi, lalu download.

Artikel Terkait: 10 Warna Kerudung untuk Kulit Sawo Matang yang Bikin Wajahmu Ikut Cerah

Namun apabila kamu ingin mencetak SPPT PBB pada tahun berjalan, silakan untuk mencari button atau tombol Cetak E-SPPT yang terdapat pada tabel tersebut disebelah kanan dalam kolom E-SPPT, lalu page baru akan terbuka menampilkan E-SPPT pada tahun berjalan, kemudian download E-SPPT tersebut.

Penutup

Begitulah cara mudah untuk kamu melihat tagihan SPPT PBB yang biasa kamu bayarkan setiap tahunnya kepada pemerintah setempat. Melalui website ini kamu akan melihat juga apakah pembayaranmu setiap tahunnya sudah masuk dan tercatat lunas pada status pembayar yang dilihat melalui tabel tersebut.

Itu dia cara cek tagihan SPPT PBB khusus untuk wilayah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Pastikan kamu tidak salah memasukkan URL untuk melanjutkan pengecekan atau pencetakan dari tagihan dan e-SPPT tahun berjalan.

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *