Umum

7 Penyakit Faktor Stres Paling Banyak Dialami Orang Lain, Poin 5 Mudah Menyerang Anak Muda

236
×

7 Penyakit Faktor Stres Paling Banyak Dialami Orang Lain, Poin 5 Mudah Menyerang Anak Muda

Share this article
7 Penyakit Faktor Stres yang Paling Banyak Dialami Oleh Orang Lain
Example 468x60

Penyakit Faktor Stres Paling Banyak Dialami Orang Lain nomis.id – Stres akan menjadi faktor utama dalam mendatangkan penyakit. Banyak yang akhirnya mengidap berbagai penyakit, karena tekanan hidup yang juga semakin tinggi. Penting bagi semua orang untuk mengelola rasa stres yang diakibatkan oleh berbagai alasan. Kamu harus membuat dirimu menjadi orang yang tidak rentan terhadap penyakit dari rasa stress tersebut.

Perlu diketahui bahwa banyak penyakit yang menyerang tubuh bukan karena gaya hidup yang kurang sehat saja, tetapi juga bisa diakibatkan dari pikiran yang penuh ditambah dengan tekanan batin yang seolah tiada akhir. Kamu perlu memastikan penyakit faktor stres apa saja yang sering terjadi sehingga kamu bisa kelola rasa stres tersebut agar tidak menimbulkan penyakit serius.

Example 300x600

Penyakit faktor stres memang merupakan salah satu sebab yang bisa membuat semua orang menjadi lemah dalam melakukan sesuatu. Untuk itu, sebaiknya kamu memiliki kelola yang baik terhadap tekanan hidup, karena akan selalu ada tekanan hidup yang kamu terima selama ini mulai dari lingkungan rumah hingga lingkungan kerja.

7 Penyakit Faktor Stres yang Paling Banyak Dialami Oleh Orang Lain

Berikut di bawah ini merupakan 7 penyakit faktor stres yang paling banyak dialami oleh orang lain diakibatkan dari kurangnya bentuk kesadaran dalam kelola rasa jenuh dari tekanan yang diterima.

7 Penyakit Faktor Stres yang Paling Banyak Dialami Oleh Orang Lain

Serangan Jantung

Para peneliti menemukan bahwa orang yang memiliki tekanan hidup tinggi justru akan lebih mudah terkena penyakt jantung. Hal ini ternyata dari tingginya kadar hormon bernama kortosil dan didukung oleh adrenalin.

Hormon tersebut ternyata menjadi pemicu tubuh melepaskan lemak ke dalam aliran darah sehingga darah tersebut masuk ke arteri koroner. Fungsi jantung tentunya akan terganggu dengan kehadiran lemak tersebut.

Penyebab hal itu terjadi karena adanya stres yang tinggi sehingga memicu platelet untuk membekukan darah pada arteri koronen. Melalui proses itulah seseorang yang memiliki tekanan hidup tinggi akan mudah mengalami resiko serangan jantung.

Depresi

Banyak yang tidak mengetahui bahwa terjadinya suatu penyakit dapat diakibatkan dari tekanan hidup yang tinggi sehingga membuat kepala menjadi pusing akibat pikiran yang selalu penuh dengan berbagai hal yang sampai pada diri.

Orang yang tidak dapat mengelola stres dengan baik pasti akan mendapatkan resiko penyakit depresi. Depresi merupakan sebuat keadaan yang ditandai dengan hambatan melalui aspek kognitif dan sosial yang akan membuat penderitanya sulit berkonsentrasi.

Hal tersebut akan membuat si penderita kehilangan minat atau rasa senang saat melakukan berbagai aktivitas, namun ternyata akan membuat hari-harinya tampak murung, sedih, kurangnya rasa percaya diri, hingga putus asa.

Maag

Bagi kamu yang memiliki riwayat penyakit maag sebaiknya mampu mengelola rasa stres yang diterima dari lingkungan, karena bukan hanya telat makan saja. Ada penyakit faktor stres yang satu ini sehingga kamu akan sulit untuk melakukan banyak aktivitas.

Biasanya untuk tidak bergantung pada obat-obatan saja, tetapi lakukan juga cara lain agar tidak terjadinya kumat pada penyakit tersebut. Karena saat kamu mengalami tekanan yang cukup tinggi akan membuat penyakit tersebut tampak seperti monster ganas yang siap melahapmu.

Maag merupakan penyakit asam lambung yang memang terjadi apabila kamu membiasakan diri selalu terlambat untuk makan atau bisa juga membiarkan perut kosong dalam waktu yang sangat lama bahkan seharian, namun adanya penyakit faktor stres pada kenaikan asam lambung.

Turun Berat Badan

Tak hanya soal penyakit yang serius, turun badan juga merupakan penyakit faktor stres yang harus kamu perhatikan. Mungkin memang tidak akan terasa saat kamu mengalaminya, namun orang-orang yang berada disekitarmu akan melihat hal tersebut.

Penurunan berat badan akan terjadi apabila kamu sendiri kurang mengelola rasa stres dari tekanan hidup yang tinggi. Baiknya lakukan berbagai cara agar kamu dapat memastikan bahwa berat badanmu tidak akan turun secara drastis.

Karena merupakan penyakit faktor stres yang berbahaya bagi kamu yang sudah pernah mengalaminya, namun hal ini terjadi bukan karena kamu sedang melakukan diet. Kamu harus bisa juga membedakan penurunan berat badan normal dan tidak normal.

Mudah Lelah dan Tidak Bertenaga

Biasanya hal ini terjadi para anak muda sekarang, karena memang benar mereka menanggung berbagai tekanan hidup yang cukup tinggi sehingga tanpa disadarinya menurutkan kinerja tubuh yang seharusnya pada umur masih muda akan bersemangat setiap hari.

Salah satu penyakit faktor stres yang bisa kamu rasakan diusia muda adalah mudah lelah dan tidak bertenaga. Pastikan bahwa kamu benar-benar merasakan lelah karena memang melakukan berbagai aktivitas yang menjadi rutinitas baik di rumah atau di tempat kerja.

Namun kamu juga perlu mengetahui bahwa lelahmu tersebut memang berasal dari rutinitas yang biasa kamu lakukan. Apabila kamu merasakan mudah lelah dan tidak bertenaga hampir setiap hari bahkan saat tidak melakukan apapun, sebaiknya kamu kelola rasa stres yang diterima tubuh.

Insomnia hingga Hipersomnia

Perasaan gelisah memang dipicu dari rasa stres dan tekanan hidup yang tinggi biasakan akan membuatmu kesulitan untuk tertidur dengan nyenyak, bahkan untuk memejamkan mata saja rasanya tidak sanggup.

Konfirmasi hal tersebut kepada dokter yang bisa menganalisa alasanmu menjadi seorang yang insomnia bahkan hampir setiap hari. Cek keadaan tubuhmu yang sepertinya mengalami masalah berat, meskipun tidak ditandai dengan gejala seperti penyakit pada umumnya.

Jangan sampai kamu merasa bahwa tekanan hidup yang tinggi tidak akan membuatmu menjadi stres. Justru kamu harus menyadari dirimu dalam keadaan tidak baik-baik saja saat munculnya perasaan gelisah hingga alami insomnia hampir setiap hari.

Diare

Tak hanya terjadi saat kamu mengkonsumsi sesuatu yang terbilang tidak layak bagi tubuh. Kamu juga bisa mengalami diare saat sedang stres berat. Memang keadaan stres dapat menimbulkan berbagai penyakit dalam tubuh.

Artikel Terkait: 5 Pasangan Zodiak Terbaik Bikin Hubungan Langgeng, Cek Selengkapnya!

Untuk itu sebaiknya kamu benar melakukan pengelolaan terhadap rasa stres dari tekanan hidup yang cukup tinggi sehingga membuatmu akan menjadi orang yang tidak mudah diserang berbagai penyakit, salah satunya adalah diare.

Jangan sepelekan penyakit yang satu ini apabila kamu merasa tidak salah makan, bisa jadi penyakit faktor stres tersebut muncul saat kamu sedang tidak sadar akan tekanan hidup yang diterima baik dari tempat tinggalmu ataupun tempatmu bekerja.

Penutup

Nah, itu dia 7 penyakit faktor stres yang paling banyak dialami oleh orang lain seharusnya membuatmu sadar akan kelola stres dengan baik sehingga tidak mudah diserang berbagai penyakit dalam tubuh.

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *