Tutorial

Anti Ribet! Ini Dia Cara Hapus Aplikasi Laptop Windows 10

238
×

Anti Ribet! Ini Dia Cara Hapus Aplikasi Laptop Windows 10

Share this article
Example 468x60

Cara Hapus Aplikasi, nomis.id – Mungkin kamu yang terbiasa menggunakan laptop atau PC akan mengerti mengenai windows yang dipakai pada masing-masing laptop. Meskipun tidak semua perangkat computer memiliki windows terbaru, tetapi tahukah kamu bahwa windows 10 masih merupakan update-an dari windows 7 dan windows 8. Perangkat computer yang digunakan oleh setiap orang memiliki kapasitas yang berbeda-beda.

Tetapi banyak aplikasi yang terpasang pada perangkat computer dengan ukuran yang sangat besar sehingga kamu akan merasakan perangkat menjadi terkendala, salah satunya lemot karena beratnya aplikasi yang terpasang. Kamu mungkin juga sedang merasakan hal seperti ini, namun ternyata hal ini bisa kamu temukan solusinya tanpa harus membawa perangkat komputermu ke tukang service.

Example 300x600

Cara Hapus Aplikasi

Biasanya kamu akan mencoba untuk menghapus file yang berada di file explorer, antara lain dokumen-dokumen, foto, video, atau berkas lainnya. Tetapi ternyata hal itu tidak terlalu membantumu apabila kamu hanya menghapus berkas-berkas yang memiliki ukuran kecil. Kamu harus menghapus aplikasi yang terpasang pada perangkat computer mu.

Beikut ini terdapat cara hapus aplikasi laptop windows 10 yang bisa kamu lakukan untuk membantu perangkat computer mu menjadi tidak lemot lagi atau memiliki ruang kosong lebih.

3 Cara Hapus Aplikasi Laptop Windows 10

1. Cara Hapus Aplikasi Laptop Windows 10 Lewat Setting/Pengaturan

Cara paling mudah yang bisa kamu lakukan adalah menghapua aplikasi laptop melalui setting. Tak hanya untuk windows 10, kamu juga menggunakan cara yang sama terhadap windows lainnya yang serupa.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengetahui cara hapus aplikasi laptop windows 10 lewat setting/pengaturan:

  1. Klik tombol start
  2. Cari dan temukan setting/pengaturan
  3. Pilih apps, kemudian pilih apps and features
  4. Cari aplikasi mana yang ingin kamu hapus dari perangkat computer
  5. Klik tombol yang sejajar dengan aplikasi tersebut bertuliskan hapus/uninstall
  6. Setelah itu, kamu bisa konfirmasi dengan klik uninstall selanjutnya.
  7. Aplikasi berhasil di hapus

2. Cara Hapus Aplikasi Laptop Windows 10 Lewat Menu Start

Cara selanjutnya yang bisa kamu jadikan opsi lain untuk menghapus aplikasi yang kamu inginkan dari perangkat computer melalui menu start, selain cara yang satu ini mudah ternyata kamu juga tidak akan kerepotan untuk terlalu banyak langkah atau file yang harus di buka.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengetahui cara hapus aplikasi laptop windows 10 lewat menu start:

  1. Klik menu start yang biasa kamu gunakan untuk mematikan perangkat computer
  2. Cara untuk membuka menu start juga bisa dilakukan dalam satu kali sentuhan dengan menekan tombol yang bergambar bendera atau jendela pada keyboard
  3. Cari aplikasi mana yang ingin kamu hapus dari perangkat computer
  4. Setelah menemukan aplikasi yang ingin kamu hapus, letakan kursor pada aplikasi tersebut
  5. Kemudian klik kanan, lalu pilih hapus atau uninstall
  6. Selesai, aplikasi tersebut telah berhasil kamu hapus

3. Cara Hapus Aplikasi Laptop Windows 10 Lewat Control Panel

Cara terakhir yang kami sarankan untuk membantumu menghapus aplikasi di perangkat computer adalah dengan control panel. Cara ini bisa dilakukan untuk kamu yang ingin menghapus berbagai aplikasi yang sudah terpasang sebelumnya pada perangkat computer tanpa sepengetahuanmu.

Artikel Terkait: TWS Berfungsi Sebelah? Lakukan 5 Cara Atasi TWS yang Mati Sebelah Saat Digunakan, Dijamin Kembali Normal

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengetahui cara hapus aplikasi laptop windows 10 lewat setting/pengaturan:

  1. Klik start atau tekan tombol bendera/jendela pada keyboard perangkat
  2. Cari dan temukan menu control panel yang terdapat dalam menu start
  3. Setelah kamu berhasil menemukan menu control panel silahkan untuk klik
  4. Namun apabila kamu kesulitan, bisa dengan menggunakan fitur search yang terdapat pada bar perangkat, kemudian ketik control panel dan tekan enter
  5. Cari aplikasi mana yang ingin kamu hapus dari perangkat computer pada kolom program and features dengan teliti. Usahakan kamu tidak salah memilih aplikasi yang harus kamu hapus atau uninstall
  6. Setelah menemukan aplikasi yang tepat untuk dihapus, kamu bisa klik hapus atau uninstall
  7. Selesai, aplikasi tersebut telah terhapus dari perangkat computer mu

Penutup

Itulah solusi untuk mengembalikan ruang penyimpanan agar tidak terlalu penuh dengan cara hapus aplikasi laptop windows 10 melalui 3 cara yang telah ditampilkan pada isi artikel ini. Kamu bisa mencoba semua cara agar terbiasa untuk menghapus aplikasi yang tidak kamu inginkan dalam perangkat computer.

Lakukan pembersihkan secara berkala agar kamu tidak menemukan kapasitas perangkat computer mu yang terbilang gemuk akibat seringnya install aplikasi-aplikasi secara random. Jangan sampai computer mu menjadi lemot dan lelet, karena adanya aplikasi dengan ukuran besar sedang nongkrong pada perangkat computer mu.

Silahkan coba ke 3 cara di atas untuk memberikan setidaknya sedikit ruang terhadap perangkat computer mu yang dirasa sudah lelah karena banyaknya aplikasi tidak terpakai dengan ukuran jumbo.

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *