Tutorial

Ini Dia 5 Cara Atasi Lag Main Game di Laptop Paling Mudah, Coba Sekarang!

226
×

Ini Dia 5 Cara Atasi Lag Main Game di Laptop Paling Mudah, Coba Sekarang!

Share this article
atasi lag main game
Example 468x60

Atasi Lag Main Game di Laptop Paling Mudah, nomis.id – Bermain game merupakan rutinitas setelah selesai mengerjakan banyak hal atau memang sedang memiliki waktu luang saja. Banyak orang yang menghabiskan waktunya hanya untuk bermain game, meskipun yang dimainkan adalah game yang sama sejak lama. Hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa para pecinta game senang melakukan aktivitas yang menyenangkan.

atasi lag main game

Example 300x600

Melalui bermain game, kamu bisa menghilangkan stress dan menaikan mood yang sempat hancur sebelumnya. Game yang seru adalah game yang dimainkan menggunakan laptop, karena layar yang lebih lebar dibandingkan hp, grafis yang lebih jelas dengan tampilan yang sangat memukau, dan percepatan tangan saat bermain tidak akan menutupi layar.

Resiko yang diterima saat bermain game menggunakan laptop, yaitu adanya lag. Kamu pasti akan sangat merasa kesal ketika laptop yang kamu gunakan bermain ternyata mengalami lag dan sangat sulit untuk bermain game dengan lancar. Tetapi tenang saja, karena kamu sedang membaca artikel ini yang akan memberikan solusi terhadap laptop mu melalui 5 cara atasi lag main game di laptop paling mudah.

5 Cara Atasi Lag Main Game di Laptop Paling Mudah

Berikut ini kami rangkum untuk kamu cara atasi lag main game di laptop paling mudah untuk bisa kamu coba langsung sekarang agar tidak ada lagi keluhan saat bermain game, karena akan terasa menyenangkan apabila bermain game lancar.

1. Update Windows

Hal yang biasa terjadi saat bermain game adalah lag. Tentunya melalui respon laptop yang demikian menandakan bahwa terjadinya suatu yang tidak beres pada laptop. Cara atasi lag main game di laptop yang paling mudah adalah dengan memeriksa windows terlebih dahulu, karena sebagian orang merasa bahwa update windows tidak penting.

Tetapi bagi kamu yang ingin bermain game tanpa lag dan meluncur dengan cepat harus memeriksa update windows karena dapat memengaruhi performa dari laptop pada saat digunakan bermain game. Kamu harus memperhatikan software windows agar selalu terupdate menjadi versi terbaru, karena hal ini bisa membuat fitur-fitur yang seharusnya berfungsi baik justru tidak melakukan apapun.

Buka start, kemudian pilih control panel. Setelah itu, klik system and security, kemudian klik windows update. Kamu tunggu beberapa saat sampai update windows selesai dan laptop siap digunakan kembali bermain game.

2. Pengaturan High Perfomance

Cara atasi lag main game di laptop dapat dilakukan menggunakan pengaturan yang menunjang laptop dalam bermain game. Pengaturan ini nantinya akan membuatmu lancar jaya bermain game tanpa gangguan apapun.

Dengan mengatur high performance pada laptop, kamu akan merasakan bahwa kinerja laptop lebih cepat dari sebelumnya. Hal seperti ini memang yang seharusnya dipakai untuk bermain game, sebab membutuhkan kinerja yang lebih baik.

Artikel terkait: 5 Aplikasi Menulis Novel Popular di Android Menghasilkan Uang Rupiah Hingga Dollar

Untuk mengatur high performance dalam atasi lag main game dengan menekan tombol windows dan R secara bersamaan, kemudian pilih control panel dan ok. Setelah itu, pilih hardware and sound yang kemudian dilanjut dengan memilih power options, lalu klik high performance dan pilih change plan setting.

Tak hanya sampai sini, kamu harus mengubah peraturan lain agar kinerja laptop benar-benar lebih cepat dari sebelumnya. Klik change advanced power setting, lalu klik processor power management dan ubah keterangan dengan menyesuaikan seperti di bawah ini:

Maximum processor frequency: on battery 100

MHz dan Plugged: 100 MHz

Minimum processor state: on battery 100

System cooling policy: on battery active

3. Booting Windows

Cara atasi lag main game selanjutnya adalah booting laptop, namun harus berhati-hati karena cara atasi lag main game ini memerlukan resiko yang tinggi apabila booting gagal. Namun banyak juga yang menganggap bahwa cara atasi lag main game menggunakan booting ini adalah cara yang paling sederhana dan mudah.

Melalui booting windows, kamu bisa membuat kinerja software maupun hardware meningkat dan sangat optimal pada saat bermain game. Kamu bisa mengikuti langkah di bawah ini untuk dapat melakukan booting windows:

  1. Klik start, kemudian run
  2. Ketikan kode msconfig dan ok
  3. Klik service di menu system configuration dan hapus tanda centang pada opsi windows event log
  4. Kemudian apply dan ok
  5. Setelah itu, lanjut klik start kembali
  6. Lalu restart laptop

4. Mode Games

Cara ini merupakan cara ke 4 untuk atasi lag main game di laptop, yaitu mengaktifkan mode games yang terdapat pada windows 10 sebagai fitur yang sangat berguna bagi para pecinta game. Mode game ini ternyata memiliki fungsi untuk mereduksi kualitas game agar sesuai dengan kemampuan laptop.

Namun kelemahannya pada grafik dari game yang dimainkan, biasanya akan berkurang tergantung dari berat-ringannya game yang kamu mainkan. Jadi, sebelum ingin mencoba fitur ini pastikan bahwa laptop kamu sudah windows 10, ya!

Ikuti langkah di bawah ini:

  1. Ketik game dikolom pencarian windows
  2. Pilih game mode setting untuk mengaktifkan
  3. Restart laptop terlebih dahulu sebelum digunakan bermain game

5. Pilih Games yang Sesuai

Apabila kamu telah melakukan semua cara yang kami rekomendasikan, tetapi masih belum dapat menyelesaikan masalah lag main game di laptop. Kamu dapat menggunakan saran terakhir kami, yaitu memilih game yang hendak dimainkan dengan menyesuaikan kapasitas laptop agar tidak mudah mengalami lag.

Penutup

Itu dia 5 cara atasi lag main game di laptop yang dapat membantumu lebih nyaman bermain game.

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *