Tips

Ada Gempa? Ini Dia Tindakan yang Harus Dilakukan Saat Terjadi Gempa Bumi, Berlindung Lebih Baik Dibanding Mengutamakan Feeling!

221
×

Ada Gempa? Ini Dia Tindakan yang Harus Dilakukan Saat Terjadi Gempa Bumi, Berlindung Lebih Baik Dibanding Mengutamakan Feeling!

Share this article
Ini Dia Tindakan yang Harus Dilakukan Saat Terjadi Gempa Bumi
Example 468x60

Tindakan yang Harus Dilakukan Saat Terjadi Gempa Bumi, nomis.id – Saat gempa terjadi kamu pasti tidak tahu menahu terlebih dahulu, karena gempa bumi biasanya terjadi persekian detik saja tanpa diketahui kapan tepatnya daerah tertentu akan mengalami gempa. Meskipun gempa bumi sering dirasakan, namun baiknya kamu tetap waspada terhadap bencana alam yang satu ini.

Kamu harus melakukan tindakan saat gempa bumi terjadi. Ini Dia Tindakan yang Harus Dilakukan Saat Terjadi Gempa Bumi.  Usahakan untuk mengikuti aturan yang terjadi saat gempa sedang melanda kawasan wilayah yang sedang kalian tempati. Gempa memang tidak bisa dihindari, tetapi kamu bisa melakukan tindakan yang harus dilakukan saat terjadi gempa bumi.

Example 300x600

Tentunya tindakan yang harus dilakukan saat terjadi gempa bumi merupakan salah satu arahan dari Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika. Hal ini tentunya dilakukan untuk menyelamatkan diri dari ganasnya gempa, meskipun gempa yang kamu rasakan tidak sehebat gempa saat akan terjadi tsunami.

Ini Dia Tindakan yang Harus Dilakukan Saat Terjadi Gempa Bumi

Pentingnya menjadi orang yang cerdas saat dalam keadaan yang tidak diharapkan agar tidak melakukan hal-hal bodoh. Banyak orang yang merasa dirinya bisa merasakan bahwa sebuah bangunan tidak akan roboh karena feeling. Terlebih berkaca pada kejadian sebelumnya yang terjadi sangat dahsyat dan dia merupakan orang yang selamat dari kejadian tersebut.

Perlu diingat sebelumnya, bahwa kejadian bencana alam tidak pantas untuk dibanding-bandingkan dengan menyebut pernyataan kalau tempat saat ini berlangsung gempa yang menimbulkan kerusakan tidak seberapa dahsyat dengan gempa ditempat lain.

Ini Dia Tindakan yang Harus Dilakukan Saat Terjadi Gempa Bumi

Jangan Panik

Usahakan bahwa kamu bisa mengontrol diri dengan tenang agar dapat berpikir jernih terhadap tindakan selanjutnya yang harus kamu lakukan. Terutama saat ditempat ramai, kamu bisa mengikuti arahan petugas yang akan memberikanmu petunjuk jalur evakuasi.

Keluar Bangunan

Kamu yang sudah merasakan gempa dari yang kecil sekalipun sebaiknya melakukan penyelamatan diri, bukan menggunakan feeling bahwa bangunan yang sedang kamu masuki ini memiliki beton yang kuat sehingga kamu bisa merasakan bangunan ini hancur atau tidak saat gempa terjadi. Pergi keluar dengan sigap dan tenang untuk menyelamatkan diri, terlebih untuk kamu yang sedang berada bangunan dengan lantai bertingkat-tingkat.

Artikel Terkait: Tips Menghindari Kecelakaan Mobil, Poin 4 Biasanya Dilanggar!

Pergi ke Tempat Aman

Untuk kamu yang kesulitan mendapatkan akses keluar dari bangunan bisa gunakan meja kayu yang kokoh untuk melindungi diri apabila terjadinya keruntuhan dari bangunan yang sedang kamu tempati. Hal ini sudah disosialisasikan berkali-kali di sekolah.

Pakai Tangga Darurat

Apabila kamu sedang berada di lantai yang bertingkat-tingkat, usahakan untuk segera menggunakan tangga darurat saat menyelamatkan diri. Sebab tidak memungkinkan dalam keadaan seperti itu harus menggunakan lift. Lebih baik kamu merasakan capek dengan terus menuruni anak tangga, karena khawatir lift akan mati atau kamu terjebak didalam lift. Sehingga mengakibatkan dirimu tidak bisa diselamatkan secara cepat dan butuh bantuan dari orang-orang yang ahli dibidangnya.

Berdiam di Tempat Terbuka

Apabila kamu merasakan gempa saat di luar ruangan, maka menjauhlah dari bangunan-bangunan di sekitar, seperti tiang listrik, pohon besar, papan reklame, atau benda lainnya yang berpotensi roboh akibat gencangan gempa.

Hal utama yang harus kamu selamatkan adalah bagian kepala. Lindungi kepala dengan benda atau apapun yang kita bawa yang memungkinkan untuk melindungi kepala, seperti helm. Ini Dia Tindakan yang Harus Dilakukan Saat Terjadi Gempa Bumi.

Penting juga untuk memerhatikan tanah yang sedang kamu pijak, karena tanah yang baik akan kokoh dari guncangan gempa, sedangkan tanah yang tidak aman akan membuat retakan yang nantinya akan mengakibatkan bencana tambahan seperti longsor.

Penutup

Itulah berbagai tindakan yang harus kamu lakukan untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan saat terjadinya gempa bumi. Hal tersebut merupakan upaya untuk menyelamatkan diri dari bangunan atau benda-benda lainnya yang berpotensi mengenai diri karena guncangan dari gempa bumi yang dirasa.

Ini Dia Tindakan yang Harus Dilakukan Saat Terjadi Gempa Bumi

Kamu harus mempersiapkan diri untuk melakukan penyelamatkan, karena setiap kali bencana yang terjadi bisa terjadi begitu saja tanpa bisa kita prediksi akan sehancur apa kejadiannya. Penting untuk kamu yang selalu merasa bahwa feeling menghadapi gempa itu kuat, selalu ingat bahwa dinosaurus juga memiliki feeling yang sangat kuat tetapi tetap punah.

Ini Dia Tindakan yang Harus Dilakukan Saat Terjadi Gempa Bumi

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *