Tips

Tips Menjaga Kualitas Tidur untuk Produktivitas Optimal

176
×

Tips Menjaga Kualitas Tidur untuk Produktivitas Optimal

Share this article
Tips Menjaga Kualitas Tidur untuk Produktivitas Optimal
Tips Menjaga Kualitas Tidur untuk Produktivitas Optimal
Example 468x60

Tips Menjaga Kualitas Tidur, opini.co.id – Saat aktivitas yang kamu lakukan produktif, maka baiknya seimbangkan dengan tidur yang cukup. Mendapatkan tidur yang cukup merupakan suatu hal yang mahal, sehingga tidak semua orang bisa mendapatkannya. Tetapi seseorang yang selalu produktif memang seharusnya mengetahui tips menjaga kualitas tidur.

Apa Itu Kualitas Tidur?

Sebelum mengetahui tips menjaga kualitas tidur, lebih baik kamu mengetahui terlebih dahulu pengertian dari kualitas tidur. Jarang sekali orang yang memahami kualitas tidur, karena dianggap bukan sesuatu yang penting.

Example 300x600

Menurut Andrianti, 2017 pada artikel ilmiahnya menjelaskan, bahwa kualitas tidur adalah perasaan segar kembali dan siap menghadapi kehidupan lain setelah bangun tidur. Untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik, kamu harus mengetahui waktu yang tepat setiap rentang usia tertentu.

Tips Menjaga Kualitas Tidur
Canva by Opini

Kementerian kesehatan memberitahu pada masyarakat waktu yang dibutuhkan oleh masing-masing rentang usia, antara lain:

  1. Usia 0-1 bulan membutuhkan waktu 14-18 jam sehari
  2. Usia 1-18 bulan membutuhkan waktu 12-14 jam sehari
  3. Usia 3-6 tahun membutuhkan waktu 11-13 jam sehari
  4. Usia 6-12 tahun membutuhkan waktu 10 jam sehari
  5. Usia 12-18 tahun membutuhkan waktu 8-9 jam sehari
  6. Usia 18-40 tahun membutuhan waktu 7-8 jam sehari

Setelah mengetahui kebutuhan waktu lama tidur setiap rentang usia tertentu harus membuatmu menjadi sangat memahami bahwa tidur yang berkualitas itu penting. Adanya tips kualitas tidur bukan hanya sebuah teori yang tidak bermanfaat.

Tips Menjaga Kualitas Tidur untuk Produktivitas Optimal

Nah, berikut ini merupakan tips menjaga kualitas tidur yang harus kamu coba agar tetap bisa melakukan aktifitas produktif setiap kali bangun dari tidur. Tubuh yang mendapatkan kualitas tidur baik akan mendapatkan kesehatan yang baik juga.

Tidur Tepat Waktu

Tips menjaga kualitas tidur yang pertama adalah tidur tepat waktu. Cobalah untuk menentukan jam tidur yang sesuai dengan kebutuhanmu. Hitung jam saat kamu tertidur dan jam saat kamu bangun untuk menjumlahkan jam tidur yang tepat sesuai dengan rentang usia tertentu.

Tidur tepat waktu akan mmebuatmu mendapatkan kualitas tidur yang baik. Perlu kamu ketahui bahwa tips menjaga kualitas tidur yang satu ini sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Lakukan setiap hari pada jam yang sama saat kamu akan tertidur. Usahakan tidak lebih dari jam yang biasa kamu tentukan sebelumnya.

Apalagi untuk pekerja keras. Sebaiknya tetap lakukan tidur dengan tepat waktu agar bisa mendapatkan kesehatan tubuh yang baik. Maka dari itu, tidurlah dengan jam yang sama supaya tubuhmu bisa mendapatkan kesegaran setiap harinya.

Makan Sebelum Jam Tidur

Saat kamu sudah menentukan jam yang tepat, segera patuhi jam tidur tersebut. Jangan sampai kamu melanggar sesuatu yang sudah kamu atur. Dengan mematuhi jam tidur, maka kamu akan mendapatkan tidur yang berkualitas.

Ada baiknya sebelum mendekati jam tidur, kamu sudah makan terlebih dahulu agar bisa segera mematuhi aturan tidur tersebut. Makan sebelum waktu tidur merupakan sebuah tips menjaga kualitas tidur yang tepat. Selain harus mematuhi jam tidur, kamu juga sebaiknya mengatur waktu sebaik mungkin.

Batasi Penggunaan Gadget

Tips menjaga kualitas tidur yang tepat juga dapat dilakukan dengan membatasi diri dalam menggunakan gadget. Setiap hari kita semua tidak akan lepas dari gadget, karena beragam aktifitas ada di dalamnya. Terlepas dari menfaat baik dari gadget yang akan kamu rasakan, tentu saja untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik kamu perlu membatasi penggunaannya.

Bukan sebuah kesalahan apabila kamu senang dan harus menggunakan gadget dalam waktu yang cukup lama. Sebisa mungkin menyelesaikan pekerjaan secepat dan setepat yang bisa dilakukan. Dengan begitu, kamu tidak akan memangkas jam tidur mu hanya untuk menyelesaikan apa yang sedang dikerjakan melalui gadget.

Batasi penggunaan gadget akan membuatmu menjadi lebih tenang sebelum akhirnya terlelap. Bahkan akan sangat lebih baik semisal kamu sudah menentukan jam terakhir menggunakan gadget agar jam tidur bisa teratur. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Artikel Terkait: 5 Tips Mengatasi Stres di Lingkungan Kerja

Kesimpulan

Nah, setelah kamu mengetahui Tips Menjaga Kualitas Tidur untuk Produktivitas Optimal, segera lakukan agar bisa membuatmu mendapatkan tidur yang nyenyak. Tips yang sudah kami berikan bisa langsung dipraktekan agar kamu bisa segera mendapatkan kualitas tidur yang nyata.

Example 300250
Example 120x600