Teknologi

Fungsi dan Cara Menggunakan Aplikasi Cek Bansos

59
×

Fungsi dan Cara Menggunakan Aplikasi Cek Bansos

Share this article
Example 468x60

spartanburgmagistratesKementerian Sosial menciptakan aplikasi Cek Bansos untuk memudahkan warga Indonesia yang ingin mengecek kepesertaan bansos di setiap periode. Dengan adanya aplikasi ini, mereka tidak perlu mengecek kepesertaan bansos tersebut dengan mendatangi kantor dinas sosial secara langsung. Jadi, mari kita cari tahu lebih dalam tentang fungsi dan cara menggunakannya!

Fungsi Aplikasi Cek Bansos

Sebelumnya kami mengatakan bahwa Kemensos menciptakan aplikasi ini, agar warga Indonesia lebih mudah saat ingin mengecek kepesertaan bansos di setiap periode. Namun, sebenarnya aplikasi ini masih memiliki fungsi lainnya yang tidak kalah penting. Berikut adalah beberapa fungsi di dalamnya:

Example 300x600
  • Mengecek status kepesertaan penerima bansos dengan memasukkan data keluarga yang dibutuhkan.
  • Menyanggah status kepesertaan penerima bansos yang tidak memenuhi syarat dan ketentuan.
  • Mengusulkan warga di sekitar yang layak menerima bansos, karena memenuhi syarat dan ketentuan sebagai penerima bansos.
  • oakgroveislandpoa.com

Cara Menggunakan Aplikasi untuk Cek Bansos

Bukan hanya fungsinya saja yang penting diketahui, tapi cara untuk menggunakan aplikasi ini pun wajib diketahui. Sebab, jika kamu tidak tahu bagaimana cara menggunakan aplikasi untuk cek bansos, maka kamu tidak akan bisa mengecek kepesertaan penerima bansos tersebut. Jadi, simak dengan baik cara menggunakannya berikut ini:

  • Pastikan aplikasinya telah terpasang dan buat akun dengan menekan opsi “Daftar”.
  • Masukkan data keluarga di dalam kolom yang sesuai, lalu tunggu verifikasi dari pihak Pusdatin Kemensos selama kurang lebih 2-4 minggu.
  • Setelah akun mendapat verifikasi dari Pusdatin Kemensos, kamu bisa login dengan memakai email yang terdaftar.
  • Kemudian, cari program bantuan yang sesuai pada menu “Program Bantuan”.
  • Ajukan permohonan sesuai dengan petunjuk yang ada dan berikan dokumen yang diminta.
  • Pantau status permohonan yang telah diajukan, lalu tunggu sampai konfirmasi diberikan.

Aplikasi Cek Bansos merupakan inovasi baru dari pemerintah, agar warganya bisa lebih mudah untuk mengecek status kepesertaan penerima bansos. Selain itu, aplikasi ini juga dapat memudahkan warga Indonesia yang ingin mengusulkan warga di sekitarnya yang layak menerima bansos. Jadi, fungsinya sangat bermanfaat bagi banyak orang.

Example 300250
Example 120x600