Teknologi

Penyebab USB Device Not Recognized dan Cara Mengatasinya

235
×

Penyebab USB Device Not Recognized dan Cara Mengatasinya

Share this article
Example 468x60

Dalam era teknologi modern seperti sekarang, perangkat USB (Universal Serial Bus) telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari kita. Baik itu untuk mentransfer data, mengisi daya, atau menghubungkan berbagai perangkat, USB telah menjadi solusi yang nyaman dan efisien. Namun, tidak jarang pengguna mengalami masalah yang menjengkelkan, salah satunya adalah “USB Device Not Recognized”. Apa sebenarnya yang menyebabkan masalah ini muncul, dan bagaimana cara mengatasinya? Simak penjelasan di bawah ini. jasa pbn

Penyebab USB Device Not Recognized

Example 300x600
  • Driver Tidak Terinstal atau Usang: Salah satu penyebab umum dari pesan kesalahan “USB Device Not Recognized” adalah driver yang tidak terinstal dengan benar atau sudah usang. Setiap perangkat USB membutuhkan driver khusus untuk berkomunikasi dengan komputer. Jika driver tidak terpasang atau versinya sudah lama, perangkat USB mungkin tidak akan dikenali.
  • Port USB Bermasalah: Terkadang, masalah mungkin bukan pada perangkat USB itu sendiri, melainkan pada port USB tempat Anda mencolokkannya. Port USB yang rusak atau kotor dapat menyebabkan ketidakmampuan untuk mengenali perangkat yang dicolokkan.
  • Perangkat USB Rusak: Kemungkinan terburuk adalah perangkat USB itu sendiri yang mengalami kerusakan. Kabel yang rusak, konektor yang aus, atau komponen internal yang bermasalah bisa menyebabkan perangkat tidak dikenali.
  • Konflik Driver: Terkadang, ada konflik driver antara perangkat yang sudah terpasang dengan perangkat USB yang baru dicolokkan. Ini bisa terjadi jika ada kesamaan fungsi atau jenis driver yang digunakan oleh perangkat-perangkat tersebut.
  • Pengaturan Energi: Pengaturan manajemen daya pada komputer Anda juga dapat berpengaruh. Jika pengaturan daya yang tidak tepat diatur, komputer dapat memutuskan untuk mematikan port USB atau perangkat itu sendiri untuk menghemat energi, sehingga perangkat USB tidak dikenali.
  • Situs Tekno

Cara Mengatasi USB Device Not Recognized

  • Periksa Kabel dan Konektor: Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan bahwa kabel USB dan konektor dalam kondisi baik. Cobalah menggunakan kabel USB yang berbeda atau mencolokkan perangkat ke port USB yang berbeda untuk memastikan bahwa masalah bukan karena kabel atau port yang rusak.
  • Periksa Di Perangkat Lain: Cobalah mencolokkan perangkat USB ke komputer lain. Jika perangkat dikenali di komputer lain, maka masalahnya kemungkinan ada pada komputer Anda, bukan pada perangkat USB itu sendiri.
  • Perbarui Driver: Periksa apakah driver perangkat USB sudah terinstal dengan benar dan dalam versi terbaru. Anda dapat melakukan ini dengan masuk ke Device Manager (Pengelola Perangkat) di Windows dan mencari perangkat USB yang bermasalah. Kemudian, klik kanan dan pilih “Update driver” untuk mencari pembaruan terbaru.
  • Uninstall Driver: Jika Anda merasa driver sudah terinstal tetapi masih ada masalah, Anda bisa mencoba untuk menghapus driver tersebut dari Device Manager dan kemudian mencolokkan kembali perangkat USB. Windows akan mencoba menginstal driver baru secara otomatis.
  • Matikan Pengaturan Energi: Di Windows, Anda bisa mengatur pengaturan daya untuk mencegah komputer mematikan port USB. Masuk ke Device Manager, cari “Universal Serial Bus controllers,” dan kemudian periksa properti setiap “USB Root Hub.” Di tab “Power Management,” pastikan opsi “Allow the computer to turn off this device to save power” tidak dicentang.
  • Periksa Konflik Driver: Jika Anda mencurigai adanya konflik driver, Anda dapat mencoba melepaskan perangkat lain yang terhubung ke komputer dan hanya menyisakan perangkat USB yang bermasalah.
  • Restart Komputer: Terkadang, masalah ini dapat diselesaikan dengan cara yang sederhana seperti me-restart komputer Anda. Hal ini dapat membantu menghapus sementara masalah yang mungkin terjadi pada sistem.

Penutup

Penting untuk berhati-hati saat mencolokkan dan mengeluarkan perangkat USB agar tidak merusak port atau perangkat itu sendiri. Jika Anda merasa kesulitan, jangan ragu untuk mencari bantuan dari ahli teknologi atau komunitas online yang bersedia membantu. Dengan mengatasi masalah ini, Anda dapat terus menikmati manfaat dari perangkat USB dengan lancar dan nyaman.***

ngapain.com

 

Example 300250
Example 120x600