Kesehatan

5 Cara Menyimpan Daging Kurban di Kulkas Supaya Tahan Lama!

259
×

5 Cara Menyimpan Daging Kurban di Kulkas Supaya Tahan Lama!

Share this article
Menyimpan Daging Kurban di Kulkas
Menyimpan Daging Kurban di Kulkas
Example 468x60

Menyimpan Daging Kurban di Kulkas, opini.co.id – Daging kurban kadang tidak bisa diprediksi. Satu rumah bisa mendapatkan beberapa kantong plastik dengan berat yang berbeda-beda. Hal tersebut bisa terjadi lantaran banyak orang yang melaksanakan ibadah kurban. Dari banyak kantong yang kamu terima tentu membutuhkan cara menyimpan daging kurban di kulkas supaya tahan lama.

Tidak mungkin kan, kamu langsung memakan semua daging yang diberi oleh panitia? Kebanyakan orang akan menyimpannya beberapa hari, lalu mengolahnya di hari lain. Nah, karena memerlukan waktu untuk menyimpan daging kurban di kulkas pasti membutuhkan beberapa cara agar daging tersebut bisa tahan lama. Mungkin ada beberapa orang yang mulai mengeksekusi daging tersebut dengan membuat sate.

Example 300x600

Namun lebih banyak kantong daging yang diterima, pasti akan membutuhkan ruang untuk menyimpan daging kurban di kulkas. Dengan begitu, daging yang kamu terima akan tetap segar dan dapat diolah nanti beberapa hari setelah idul adha. Hal ini bukan sesuatu yang aneh, karena daging yang banyak akan cepat basi apabila sudah diolah dengan berbagai bumbu dan rempah-rempah di dalamnya.

Menyimpan Daging Kurban di Kulkas
Canva by Opini.co.id

Untuk itu, apabila kamu mendapatkan banyak kantong daging kurban tetapi bingung menyimpannya di kulkas agar tetap awet dan tahan lama. Simak cara di bawah ini.

Cara Menyimpan Daging Kurban di Kulkas

Terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat daging kurban tahan lama saat disimpan di dalam kulkas. Berikut ini merupakan cara yang tepat, antara lain:

Pisahkan daging dari tulang

Cara yang pertama kali harus kamu lakukan adalah memisahkan daging dari tulang. Seperti yang kamu ketahui bahwa hewan kurban akan langsung dimasukkan dalam sebuah kantong yang sama. Tidak perlu akan bercampur dengan bagian dari hewan lainnya, seperti tulang.

Daging kurban yang sudah kamu terima ada baiknya harus kamu pisahkan terlebih dahulu. Semua bagian dari daging hewan kurban menjadi satu dalam wadah yang sama merupakan kesalahan yang harus dihindari. Jadi, lakukan pemisahan terhadap daging dan tulang yang kamu terima sebelum menyimpan daging kurban di kulkas.

Potong-potong daging yang disimpan

Sebelum menaruhnya ke dalam kulkas. Lakukan cara untuk membuat daging menjadi tahan lama dengan cara memotong seluruh daging menjadi bagian kecil-kecil. Namun apabila kamu kurang setuju dengan memotong daging menjadi kecil-kecil, kamu dapat memotongnya sesuai dengan kebutuhanmu.

Saat memotong daging perlunya mengetahui kebutuhan yang sesuai denganmu, karena apabila tidak kamu bisa menyimpannya langsung di dalam kulkas. Hal ini akan membuat daging yang kamu simpan akan menghabiskan banyak tempat, sehingga akan membuat seluruh ruang penyimpanan di dalam kulkas terasa penuh.

Bungkus daging yang akan disimpan

Kulkas merupakan sebuah tempat yang dingin, namun suhu tertentu akan membuat daging atau air yang berada di dalam daging ikut mengeras. Sehingga untuk menghindari daging menjadi keras seperti es batu adalah dengan membungkusnya.

Sebelum menyimpannya, pastikan kamu sudah melakukan penyimpanan yang benar dengan membungkus daging menggunakan sebuah plastik. Daging yang tertutup plastik akan lebih tahan lama saat disimpan dalam kulkas.

Gunakan wadah yang bersih

Wadah yang digunakan untuk menyimpan daging tentunya harus bersih. Kamu harus lebih teliti dalam menyimpan daging yang ingin dimasukkan dalam sebuah kulkas. Perhatikan wadah yang akan kamu gunakan sebelum memasukkan daging, alangkah baiknya kamu cuci terlebih dahulu.

Namun begitu juga dengan daging yang ingin disimpan. Kamu harus mencucinya terlebih dahulu agar tidak menumpuk kuman saat disimpan dalam wadah. Hal ini menjadi bagian yang penting, karena daging tersebut mungkin saja masih kotor atau penuh dengan darah.

Simpan Dalam Freezer

Setelah daging dibersihkan dan disimpan dalam sebuah wadah yang bersih. Ketika kamu menyimpannya di dalam freezer. Karena suhu yang berada di freezer berbeda dengan slot pada kulkas. Perbedaan ini yang akan membuat tahan lama atau tidaknya sebuah daging.

Freezer yang kamu gunakan untuk menyimpan sebuah daging dalam wadah sebaiknya berada di suhu tinggi. Sehingga daging yang kamu simpan benar-benar bisa bertahan lama. Apabila menggunakan suhu yang rendah, maka akan mudah terjangkit virus meskipun di dalam wadah.

Artikel Terkait: Manfaat Tomat Ceri untuk Kesehatan dan Cara Tepat Mengonsumsinya

Kesimpulan

Demikian 5 Cara Menyimpan Daging Kurban di Kulkas Supaya Tahan Lama dan dapat digunakan kembali beberapa hari kemudian. Daging yang disimpan dalam kulkas diusahakan untuk tetap menggunakan wadah dan plastik yang bersih dan sangat rapat, sehingga tidak akan menimbulkan jamur.

Example 300250
Example 120x600