Kesehatan

Tips Tetap Segar Setelah Tidur Hanya 3 Sampai 4 Jam, Gini Atasinya!

229
×

Tips Tetap Segar Setelah Tidur Hanya 3 Sampai 4 Jam, Gini Atasinya!

Share this article
Tips Tetap Segar Setelah Tidur Hanya 3 Sampai 4 Jam, Gini Atasinya!
Tips Tetap Segar Setelah Tidur Hanya 3 Sampai 4 Jam, Gini Atasinya!
Example 468x60

Segar Setelah Tidur Hanya 3 Sampai 4 Jam, Opini – Begadang bisa saja tidak direncakan. Terkadang mata terasa segar dan sulit untuk terlelap, bahkan mendapati mata tetap segar setelah tidur hanya 3 sampai 4 jam. Hal ini biasanya terjadi pada rentang usia 18 sampai 30 tahun, karena pada usia tersebut sedang ada di masa produktif. Tidak sedikit orang yang merasakan bahwa dirinya sudah melakukan banyak pekerjaan seharian penuh, tetapi saat menjelang tidur sangat kesulitan sehingga membutuhkan bantuan lain, seperti obat tidur, mendengarkan musik, dan lain-lain. Solusi yang dibutuhkan memang berbeda-beda setiap orang, hal itu tergantung kebiasaan diri.

Apa Penyebab Sulit Tidur?

Kesulitan tidur biasanya paling sering terjadi dikalangan muda. Usia produktif terkadang membutuhkan berpikir lebih keras lagi. Namun ternyata ada sebagian waktu yang membuat mata sulit terlelap, padahal sedang merasa capek-capeknya. Akan selalu ada momen di mana kamu tetap merasa segar setelah tidur hanya 3 sampai 4 jam.

Example 300x600

Khawatir terhadap kebiasaan sulit tidur memang baik, tetapi diharapkan agar tidak berlebihan. Karena dapat membuat pikiran dan hati menjadi gelisah, cemas, atau merasa tidak karuan. Setelah mengetahui bahwa diri sedang sulit tidur akhir-akhir ini, sebaiknya lakukan beberapa cara atau solusi yang dapat membantu mata terlelap agar tidak lagi mendapatkan diri merasa segar setelah tidur hanya 3 sampai 4 jam.

Apabila kamu sudah merasa terlalu sering kesulitan untuk tidur, ada baiknya kamu melakukan pemeriksaan kepada ahlinya. Adapun penyebab yang dapat membuat seseorang direntang usia 18 sampai 30 tahun, yaitu antara lain:

Tidak Membatasi Diri

Penyebab utama seseorang kesulitan untuk tidur adalah tidak membatasi diri. Sebagai seseorang yang masih produktif akan jauh lebih baik ketika kamu bisa mengatur diri dengan membatasi aktifitas. Hal ini menjadi kesalahan yang selalu dilakukan, karena merasa masih memiliki banyak tenaga sehingga tidak masalah hanya memiliki waktu tidur yang sebentar.

Terlalu Banyak Berpikir

Terkadang memang otak selalu berisik di saat yang tidak tepat. Benar atau salah keadaan ini menjadikan seseorang kesulitan tertidur. Tidak jarang oran yang merasa terganggu dengan pikirannya sendiri. Biasanya pada malam hari, otak akan jauh lebih produktif dari siang hari. Tak jarang memikirkan hal yang tidak mungkin terjadi. Inilah yang menguras waktu tidur kalangan muda.

Aktifitas Padat

Aktifitas yang padat biasanya menjadi penyebab mata sulit terlelap. Meskipun badan sedang merasakan lelah, karena seharian melakukan banyak sekali aktifitas. Namun saat malam hari hanya mampu tidur ketika sudah pagi. Hal ini bisa terjadi, karena kamu baru memiliki waktu santai yang terlalu malam. Jadi, memanfaatkannya untuk bermain media sosial atau lain sebagainya.

Tips Tetap Segar Setelah Tidur Hanya 3 Sampai 4 Jam

Nah, berikut ini merupakan tips yang bisa kamu dapatkan untuk tetap segar setelah tidur hanya 3 sampai 4 jam karena harus beraktifitas kembali seperti biasanya. Siapa sangka tips ini cocok kamu lakukan untuk mengatasi kantuk yang luar biasa. Tips yang dapat kamu coba, yaitu:

Minum Kopi Dingin

Kopi menjadi salah satu doping paling kuat. Kamu bisa meminum kopi untuk tetap terjaga. Dengan segelas atau 1 cup kopi, kamu bisa mendapatkan rasa segar setelah tidur hanya 3 sampai 4 jam. Hampir semua orang melakukan cara ini untuk menyiasati kantuk.

Olahraga 10 Sampai 20 Menit

Sebelum melakukan aktifitas yang berat, kamu bisa berolahraga terlebih dahulu. Hal ini dimaksud agar badan yang sedang kurang tidur bisa merasa segar. Tentunya akan sangat bermanfaat bagi kamu yang memang tidak memiliki waktu untuk tertidur terlebih dahulu, sehigga dapat langsung melakukan aktifitas seperti biasanya.

Mandi Air Dingin

Badan yang segar akan membuat mata juga ikut terbuka. Kamu tidak akan merasakan kantuk yang luar biasa, setelah mandi air dingin. Lakukan tips ini untuk membuat mata mu tetap merasa segar setelah tidur 3 sampai 4 jam saja. Cobalah untuk melakukan trik ini, selain bisa membuatmu segar kamu pun akan merasakan seluruh badan menjadi bersih.

Cuci Muka Pagi, Siang, dan Sore Hari

Cara jitu yang biasa dilakukan oleh orang untuk tetap merasa segar setelah tidur hanya 3 sampai 4 jam adalah mencuci muka secara berkala. Tips ini sangat ampuh bagi kamu yang memiliki kegiatan segudang. Namun akan sedikit membutuhkan waktu untuk pergi ke toilet dan melakukan penataan ulang terhadap wajah, terutama bagi perempuan yang menggunakan make up. Tetapi apabila tidak dapat mencuci muka, kamu bisa membilasnya saja.

Fokus Pada Aktifitas

Hal yang membuat mata tetap segar setelah tidur hanya 3 sampai 4 jam adalah fokus terhadap aktifitas yang kamu jalani. Dengan begitu kamu akan bisa menyelesaikan pekerjaan sangat baik tanpa gangguan walaupun sedang merasa kurang fit.

Artikel Terkait: Rumus IMT: Pengukuran Ideal Tubuh Anda untuk Kesehatan Optimal

Kesimpulan

Adanya Tips Tetap Segar Setelah Tidur Hanya 3 Sampai 4 Jam Saja untuk meringankan beban yang harus dihadapi agar tetap bisa melakukan berbagai aktifitas dengan baik.

Example 300250
Example 120x600