Kepercayaan

Perbedaan Jumat Agung dan Paskah, Keduanya Tidak Sama Jangan Lagi Keliru!

432
×

Perbedaan Jumat Agung dan Paskah, Keduanya Tidak Sama Jangan Lagi Keliru!

Share this article
Perbedaan Jumat Agung dan Paskah
by Jon Tyson
Example 468x60

Perbedaan Jumat Agung dan Paskah, nomis.idSeperti yang kita semua ketahui bahwa Hari Jumat Agung dan Hari Paskah merupakan hari besar keagamaan bagi para umat Kristen dan Khatolik. Namun banyak yang masih belum mengerti bahwa kedua hari suci tersebut nyatanya berbeda, karena banyak yang tidak mengerti akan hal itu kami akan memberikan sedikit penjelasan terkait perbedaan Jumat Agung dan Paskah. Bagi kamu yang mungkin sudah mengetahuinya sebaiknya memberitahu kepada mereka yang belum tahu, tetapi apabila kamu sendiri belum tahu, sebaiknya membaca artikel ini hingga selesai.

Bagi beberapa orang memang seringkali menyamakan kedua hari suci tersebut, karena memang mungkin belum mengetahui dengan pasti antara perbedaan Jumat Agung dan Paskah. Namun melalui artikel ini kamu yang belum tahu bisa segera mengerti dan memahami kedua hari suci tersebut dengan baik, sehingga kamu tidak lagi salah dalam mendefinisikan antara perbedaan Jumat Agung dan Paskah.

Example 300x600
Perbedaan Jumat Agung dan Paskah
by Jon Tyson

Berikut ini kami singgung perbedaan Jumat Agung dan Paskah agar tidak lagi mengartikannya sebagai satu hari yang sama, karena telah jelas sekali bahwa kedua hari suci tersebut memang berbeda.

Perbedaan Jumat Agung dan Paskah

Untuk kamu yang masih bingung antara ke dua hari suci tersebut atau ingin mengetahui perbedaan Jumat Agung dan Paskah memang sebaiknya mencari infomasi, terlebih dengan membaca artikel ini hingga selesai untuk menambah wawasanmu terkait hari besar keagamaan umat Kristen dan Khatolik.

Jumat Agung

Menurut berbagai sumber, Jumat Agung merupakan hari besar keagamaan umat Kristen dan Khatolik menjadi hari yang suci karena merupakan peristiwa penyaliban Yesus Kristus. Peristiwa tersebut memang merupakan hari meninggalnya Yesus dengan di salib sebagai permulaan dari kehidupan umat manusia di muka bumi.

Kematian Yesus yang agung tersebut itu bertujuan untuk menebus dosa-dosa umat manusia sebagai kasih-Nya yang tidak terhingga. Dikutip dari buku Hari Raya Luturgi (2005: 81), “Jumat Agung merupakan perayaan khusus yang berkonsentrasi pada sengsara dan kematian Kristus.” Pada naskah-naskah kuno, Jumat Agung dirujuk sebagai in passione domini yang berarti penderitaan.

by Timothy

Tentunya garis besar yang dijelaskan mengenai Jumat Agung pada artikel ini seharusnya bisa memberikanmu sendikit gambaran tentang definisi Jumat Agung. Perayaan yang dilaksanakan oleh umat Kristen dan Khatolik pada hari Jumat Agung ini memiliki ibadat yang terbagi menjadi 3 bagian, yaitu ibadat sabda, penghormatan salib, dan komuni.

Sedangkan maksud yang berbeda dengan Hari Paskah yang biasa kamu artikan sama dengan hari Jumat Agung, ternyata ke dua hari itu tidaklah sama. Untuk itu, kamu harus memberikan sedikit waktu dengan membaca artikel ini hingga selesai.

Dengan adanya ibadat dan perayaan yang digelar oleh umat Kristen dan Khatolik, ada juga tradisi khas yang membuat antar umat manusia saling merangkul dan memberikan ucapan Jumat Agung dengan isian doa-doa baik terhadap sesama.

Perayaan Hari Jumat Agung tidak tetap karena terdapat perhitungan yang khusus untuk umat Kristen dan Khatolik, namun berdasarkan rincian dari kitab suci mengenai Pengadilan Sanhendrin atas Yesus dan analisis ilmiah, menjelaskan bahwa peristiwa penyaliban Yesus sangat mungkin terjadi pada hari Jumat, tetapi tanggal terjadinya tidak diketahui secara pasti. Maka oleh Isaac Netton via perhitungan selisih-selisih antara kalender Yahudi dan kalender Julian dan besarnya bulan sabit.

Hari Paskah

Hari Paskah merupakan hari kemenangan atas kesengsaraan. Menurut berbagai sumber mengatakan bahwa Hari Paskah adalah hari bangkit Yesus dari kematian. Biasanya umat Kristen dan Khatolik akan memperingati hari kebangkitan Yesus dengan sebutan Hari Paskah.

Artikel Terkait: 20+ Ucapan Jumat Agung Terbaik yang Bisa Kamu Bagikan ke Keluarga dan Teman-Teman

Kebangkitan Yesus dari kematiannya ini biasanya melakukan perjamuan malam terakhir yang dipimpin oleh Yesus sehingga Hari Paskah menjadi salah satu hari penting dalam kalender gereja. Adapun tujuan dari perayaan hari Paskah, yakni umat Kristen dan Khatolik menjadikan hari suci yang satu ini sebagai peringatan akan kematian Yesus Kristus sang juru selamat.

Khusus di Amerika Serikat dan Kanada, ternyata perayaan Paskah ada sedikit perbedaan karena anak-anak akan berburu telur Paskah dan adanya acara memberikan hadiah untuk orang dewasa. Tetapi dengan jelasnya bahwa kegiatan dari Hari Paskah adalah memanjatkan doa. Tradisi timur biasanya akan memiliki kegiatan doa semalam suntuk dan doa puasa, sedangkan berbeda dengan protestan Amerika Serikat yang memiliki tradisi kebangkitan subuh.

Penutup

Sudah tahu kan perbedaan Jumat Agung dan Paskah yang selalu dirayakan oleh umat Kristen dan Khatolik? Maka jangan lagi menyamakan ke dua hari suci tersebut, sebab kamu sendiri sudah membaca artikel ini sehingga kamu sudah mengetahui perbedaannya yang memang sangat jelas antara hari suci Jumat Agung dengan hari suci Paskah melalui penjelasan singkat di dalam artikel ini.

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *