InternasionalTeknologi

Dampak Kebijakan Nasional terhadap Industri Teknologi

218
×

Dampak Kebijakan Nasional terhadap Industri Teknologi

Share this article
Dampak Kebijakan Nasional terhadap Industri Teknologi
Dampak Kebijakan Nasional terhadap Industri Teknologi
Example 468x60

Dampak Kebijakan Nasional, opini Salah satu aturan yang harus dipatuhi adalah kebijakan nasional. Ditegakkannya aturan tidak lain dan tidak bukan hanyalah untuk mengatur tatanan negara menjadi lebih baik dari sebelumnya. Berbagai aturan dilaksanakan demi mensejahterakan rakyatnya. Apalagi saat ini, teknologi merambat dengan pesat bahkan menjadi sesuatu yang mampu membantu berbagai aspek. Dengan begitu, sudah dapat dipastikan adanya dampak kebijakan nasional terhadap industri teknologi.

Apa yang Dimaksud Kebijakan Nasional?

Kebijakan nasional merupakan sebuah kebijakan negara yang sifatnya fundamental dan strategis dalam mencaoau tujuan secara nasional (negara) sebagaimana tertera dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.

Example 300x600

Berbagai tindakan yang diawasi melalui kebijakan nasional, ternyata mencakup aturan-aturan yang terdapat di dalam suatu kebijaksanaan. Kebijakan nasional harus dilaksanakan oleh seluruh rakyat negara agar terjadinya kesejahteraan atau tujuan yang sudah ditargetkan untuk negara.

Sebagaimana seluruh rakyat Indonesia atau yang merupakan warga negara Indonesia (WNI) harus mematuhi segala aturan yang sudah diberikan oleh pemerintah, terutama mengenai kebijakan nasional. Di mana seluruh rakyat dari Sabang sampai Merauke harus menaati kebijakan nasional ini.

Dampak Kebijakan Nasional Terhadap Industri Teknologi

Nah, setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan kebijakan nasional. Kini saatnya kamu harus mengetahui juga dampak kebijakan nasional terhadap industri teknologi, yaitu:

Mengatur Batasan Menggunakan Teknologi

Setiap negara memiliki kebijakan nasional yang harus dipatuhi oleh seluruh rakyatnya, begitu juga dengan Negara Indonesia. Dalam pelaksanaannya mengatur seluruh rakyat memang merupakan sebuah tantangan yang sulit dilakukan, karena memiliki pemikiran yang berbeda.

Namun aturan tetaplah sebuah aturan. Sebagai warga negara yang patuh terhadap aturan, maka akan memberikan dampak dari kebijakan nasional terhadap industri teknologi. Dampak yang pertama adalah mengatur batasan menggunakan teknologi.

Seperti yang sudah kita semua ketahui terdapat beberapa situs larangan, sehingga siapapun tidak dapat membukanya apabila menggunakan jaringan Indonesia. Batasan ini hadir tidak lain dan tidak bukan hanya untuk membuat penggunaan internet tidak melampaui hal-hal yang bertentangan dengan pancasila.

Kemudahan Mengakses Aturan Negara

Aturan demi aturan muncul untuk dilaksanakan oleh seluruh rakyat Indonesia. Namun kini masyarakat Indonesia tidak lagi khawatir terhadap aturan baru, karena ketidaktahuan warga akan diminimalisir melalui sebuah teknologi. Tidak sulit memberitahu seluruh rakyat Indonesia, karena bisa dengan sigap dan cepat dalam menyebarkan berita.

Informasi akan mudah didapatkan dengan bantuan internet yang mulai merata di seluruh Indonesia. Tidak sedikit daerah yang memang masih belum mendapatkan akses yang sama, namun terkadang bukan hanya mengenai pemerintah yang tidak memberikan fasilitas. Adanya beberapa daerah yang menolak diadakannya internet atau suatu teknologi tertentu dengan berbagai alasan.

Namun sebagian besar Indonesia dapat mudah mengetahui adanya kebijakan nasional yang baru ataupun amandemen atau perubahan, sehingga tidak begitu kesulitan untuk mematuhinya. Mungkin hanya butuh diedukasi sesekali untuk lebih peduli terhadap kebijakan yang ada.

Penyebaran Hoax Lebih Mudah

Selain terdapat dampak yang baik terhadap teknologi, ternyata ada juga dampak negatif yang bisa membahayakan Indonesia. Dengan adanya teknologi ternyata kemudahan menyebarkan suatu kebohongan menjadi lebih cepat sampai ke setiap warga negara Indonesia.

Maka dari itu, kebijakan muncul dengan berbagai metode untuk menyelamatkan bangsa Indonesia dari segala kebohongan publik. Setiap kali ada berita-berita yang menghebohkan perlu dilakukan crosscheck untuk mengetahui lebih dalam mengenai berita tersebut.

Jangan sampai kebijakan nasional yang sudah ditegakkan sebagaimana mestinya, justru malah terenggut menjadi sesuatu aturan yang tidak memiliki fungsi sama sekali. Aturan yang diberikan untuk rakyat Indonesia baiknya dipatuhi agar tidak menjadi SDM yang buruk mengenai teknologi.

Lapangan Pekerjaan Semakin Luas

Tanpa disadari bahwa lapangan pekerjaan di Indonesia semakin meluas. Tidak hanya menjadi karyawan atau pekerja di dalam negeri, tetapi juga di luar negeri. Telah banyak perusahaan yang memberikan pekerjaan atau lowongan kerja terbaru yang menggunakan teknologi.

Begitu juga dengan perusahaan di Indonesia yang telah menggunakan berbagai jenis teknologi untuk memajukan usahanya. Hal ini dapat membantu meringankan angka pengangguran yang setiap tahun selalu meningkat. Namun perlu diketahui juga bahwa SDM yang dibutuhkan memiliki kualifikasi tertentu.

Lapangan pekerjaan yang semakin luas dapat dimanfaatkan oleh seluruh rakyat Indonesia dengan cara meningkatkan skill atau keahlian. Sehingga akan ada perusahaan dalam negeri yang mau menerima dan mempekerjaan.

Membantu Menurunkan Angka Pengangguran

Dampak kebijakan nasional terhadap industri teknologi selanjutnya adalah membantu menurunkan angka pengangguran. Meskipun sampai saat ini, masih banyak sekali SDM yang belum memiliki pekerjaan.

Terkadang hal tersebut dapat terjadi, karena ulah diri sendiri yang masih jauh dari kualifikasi atau kebutuhan perusahaan. Sehingga selain menurunkan angka pengangguran, ternyata juga memberikan persaingan yang lebih besar dari sebelumnya.

Dengan begitu, sebaiknya lakukan perubahan pada diri dengan cara meningkatkan skill atau keahlian. Sehingga perusahaan mampu melihat dan melirik kandidat terbaik, salah satunya kamu.

Artikel Terkait: Tantangan Membangun Brand Fashion di Era Digital

Kesimpulan

Nah, itulah dia Dampak Kebijakan Nasional terhadap Industri Teknologi yang saat ini semakin meningkat. Setelah mengetahuinya, pastikan kamu juga dapat memanfaatkannya dengan cukup baik.

Example 300250
Example 120x600