Fashion

Mengenal Dampak Positif Teknologi dalam Dunia Fashion

168
×

Mengenal Dampak Positif Teknologi dalam Dunia Fashion

Share this article
Mengenal Dampak Positif Teknologi dalam Dunia Fashion
Mengenal Dampak Positif Teknologi dalam Dunia Fashion
Example 468x60

Dampak Positif Teknologi dalam Dunia Fashion, opini – Fashion berkembang pesat dengan penggunaan teknologi yang semakin maju. Kemudahan akses pada internet mebuat fashion menjadi salah satu kepentingan yang tiada akhir. Perkembangan fashion terus menerus meluas seiring berjalannya waktu. Hal ini kemungkinan terjadi dari dampak positif teknologi dalam dunia fashion.

Apa Itu Fashion?

Terdapat banyak definisi yang menjelaskan mengenai fashion, yaitu:

Example 300x600
  1. Menuruti Joanne Entwistle: Fashion merupakan suatu bentuk praktik sosial yang melibatkan penggunaan pakaian dan aksesoris untuk mengekspresikan identitas dan membangun hubungan sosial di dalam masyarakat.
  2. Menurut Yuniya Kawamura: Fashion adalah suatu sisten yang terdiri dari elemen-elemen, seperti desain, produksi, distribusi, dan konsumsi pakaian yang terus-menerus berubah seiring dengan berjalannya waktu.
  3. Menurut Valerie Steele: Fashion adalah fenomena budaya yang akan terus berkembang dan mencerminkan nilai-nilai, norma, dan aspirasi sosial di dalam masyarakat.

Sehingga kami dapat menyimpulkan bahwa fashion adalah sebuah fenomena budaya yang terbentuk dari lingkungan sosial untuk mengekspresikan identitas suatu kelompok atau individu dan berubah seiring berjalannya waktu.

Dampak Positif Teknologi dalam Dunia Fashion

Semakin maju sebuah teknologi, sebaiknya semakin pintar manusia di muka bumi ini. Teknologi tidak mungkin meninggalkan aspek apapun walau sedikit, terutama bagi fashion. Nah, berikut ini dampak positif teknologi dalam dunia fashion yang sekiranya bisa kamu ketahui untuk menambah pengetahuan, yaitu:

Akses Mudah untuk Referensi

Dalam dunia fahsion, sepertinya referensi sangat dibutuhkan. Adanya teknologi ternyata memudahkan seseorang untuk mendapatkan referensi dari berbagai konsep fashion yang diinginkan. Tidak hanya itu, referensi fashion yang didapatkan dari internet tidak sedikit, sehingga akan sangat membantu untuk menyelaraskan tampilanmu.

Kemudahan dalam mengakses internet membuat semua orang lebih cepat menemukan referensi pakaian yang diinginkan hanya dengan memasukkan kata kunci yang tepat. Begitu juga dengan warna yang digabungkan pada satu konsep membuat orang akan lebih menarik dan semakin pandai melakukan mix and match style.

Menemukan Jati Diri

Sebenarnya melalui fashion seseorang bisa menemukan jati dirinya. Walaupun hanya melalui sebuah teknologi, seseorang bisa belajar berpakaian yang sederhana dengan gaya terkini. Semua orang bisa menemukan jati diri melalui gaya pakaiannya, sehingga akan menjadi ciri khas yang tidak akan sama dengan orang lain.

Dengan semakin bertumbuhnya jati diri seseorang melalui fashion akan membuatnya tidak cepat FOMO. Apapun yang sedang trending saat ini, tidak akan memengaruhi seseorang. Namun sebagian orang yang mungkin masih melakukannya, karena bisa jadi menyukai bidang fashion dan selalu up to date dalam berpakaian.

Menghemat Budget Pengeluaran

Teknologi yang maju akan memberikan banyak akses bagi seseorang untuk menemukan fashion yang sesuai dengan kepribadiannya. Disamping itu juga, adanya teknologi yang membantu fashion akan memudahkan seseorang mendapatkan pakaian yang diinginkan dengan harga relatif murah.

Hal ini bisa terjadi lantaran persaingan pasar yang ketat, sehingga akan menimbulkan berbagai jenis dan harga pakaian yang bervariatif. Untuk itu, menggunakan teknologi dalam dunia fashion sangat membantu seseorang untuk berhemat dalam mengeluarkan budget membeli pakaian.

Meningkatkan Kreativitas dalam Berpakaian

Fashion bukan hanya melulu tentang pakaian sopan dan rapi, tetapi lebih dari itu. Terdapat banyak fashion yang tiba-tiba menjadi trending diberbagai kalangan. Itu mencerminkan bahwa sifat dari fashion bukanlah sempit, tetapi juga dibarengi dengan kreativitas tinggi sehingga menghasilkan fashion yang beragam sesuai dengan target usianya.

Banyak orang yang akhirnya menyukai dunia fashion, karena senang melakukan mix and match pakaian agar terlihat lebih keren dan kreatif. Tentunya dalam menentukan hal tersebut diperlukan pengetahuan mengenai fashion, salah satunya warna. Warna yang digunakan oleh seorang model akan terlihat selaras dan sepadan sehingga tidak menimbulkan warna yang aneh dan terkesan norak.

Artikel Terkait: Tren Fashion Pria Paling Popular di Kalangan Milenial

Kesimpulan

Teknologi memang selalu memberikan kejutan tidak terkira, terlebih pada dunia fashion. Maka dari itu, Mengenal Dampak Positif Teknologi dalam Dunia Fashion menjadi salah satu cara yang tepat bagi semua orang. Fashion yang baik akan berangkat pada 4 hal positif yang terjadi akibat dari kemajuan teknologi, yaitu akses mudah untuk referensi, menemukan jati diri, menghemat budget pengeluaran, dan meningkatkan kreativitas dalam berpakaian.

Example 300250
Example 120x600