Bisnis

Tips memilih Saham untuk Jangka Panjang Bagi Pemula

265
×

Tips memilih Saham untuk Jangka Panjang Bagi Pemula

Share this article
Tips memilih Saham untuk Jangka Panjang Bagi Pemula
Example 468x60

Tips memilih Saham untuk Jangka Panjang, Opini.co.id – Cara memilih saham investasi jangka panjang yang tepat perlu diketahui, karena memang sudah banyak sekali pemula yang bertanya-tanya, rata-rata bingung dalam memilih saham yang mana yang hendak dibeli.

Di sini memang ada faktor yang berpengaruh seperti kecocokan kriteria. Apakah saham yang dipilih itu cocok untuk jangka waktu berdasar tujuan finansial yang sudah ditetapkan sebelumnya atau tidak.

Example 300x600

Langkah – langkah dalam memilih saham yang tepat untuk jangka panjang

1. Memilih perusahaan yang menguntungkan

Terkait point nomor satu ini, Anda bisa melihat dari apakah perusahaan dapat secara konsisten membukukan laba atau tidak. Merupakan sebuah hal yang lebih baik apabila Anda berhasil mencari perusahaan, dengan kenaikan dari laba bersih tiap tahunnya.

Ini menunjukkan bahwa performa perusahaan tersebut sehat. Jadi ibaratnya jika Anda hendak membeli barang Anda harus tahu terlebih dahulu kondisi dari barang itu. Dengan demikian kesalahan pembelian tidak akan terjadi.

2. ROE yang Tinggi

Return of Equity juga merupakan faktor yang penting untuk diperhatikan. Di mana pengertian dari ROE ini yakni tingkat pengembalian dari modal dana investasi yang Anda keluarkan.

Di mana ROE ini termasuk indikator penting yang dapat Anda manfaatkan sebagai alat bantu proses analisa fundamental perusahaan.

3. Pembayaran dividen yang konsisten

Ini sebenarnya masih terkait dengan point satu yang sudah dibahas di atas. Sebuah perusahaan yang menguntungkan akan dapat dengan tepat membayarkan dividen pada para pemegang saham.

Jadi perusahaan tersebut dalam jangka waktu bertahun-tahun sudah terbukti berhasil mempertahankan operasional mereka dan tidak kalah dari persaingan pasar, di mana persaingan pasar seiring waktu semakin sengit.

Anda dapat melihat terlebih dahulu history dari pembayaran dividen perusahaan tersebut. Di mana ini terdapat dalam laporan keuangan perusahaan, coba check laporan keuangan perusahaan dari tahun ke tahun.

Nanti baru Anda dapat mengambil kesimpulan, apakah memang kinerja perusahaan tersebut baik dan semakin meningkat dari waktu ke waktu atau tidak. Dan apakah kewajiban perusahaan dalam membayar dividen ke pemegang saham selalu terpenuhi atau tidak.

4. Bisnis yang dimengerti

Yang berikutnya adalah memperhatikan bisnis yang menjadi usaha utama perusahaan tersebut, pada saham yang hendak Anda beli. Anda dapat melihat produk apa saja yang memang dapat menghasilkan return.

Sama seperti investor ternama, mereka juga melihat bisnis yang dijalani oleh perusahaan tersebut, sebelum mereka membeli sahamnya. Kalau produk itu untuk perusahaan manufaktur.

Jika memang Anda tidak mengerti apa bisnis atau produk yang dibuat oleh perusahaan, maka sebaiknya Anda menghindari membeli saham perusahaan tersebut. Belilah yang memang Anda mengerti. Dengan begitu Anda dapat melihat potensi perusahaan tersebut ke depannya.

Ingat, Anda ingin investasi untuk jangka panjang dan bukan scalper.

Sebagai contoh, jika memang Anda lebih mengerti tentang industri perbankan. Maka Anda dapat memilih untuk membeli saham pada perusahaan perbankan. Dibandingkan saham pada perusahaan telekomunikasi, sebagai contohnya.

Ada alasan di balik melakukan ini. Di mana jika Anda memilih membeli saham dari perusahaan dengan bisnis yang Anda mengerti. Maka Anda dapat menilai perusahaan tersebut dengan lebih mudah, termasuk menilai kinerja perusahaan tersebut dari waktu ke waktu.

5. Kapitalisasi pasar

Untuk point terakhir ini tidak akan kami jelaskan panjang lebar. Intinya Anda cukup memperhatikan apakah kapitalisasi pasar dari saham perusahaan yang hendak Anda beli tersebut apakah besar atau tidak.

Yang disarankan adalah membeli saham perusahaan dengan kapitalisasi pasar, senilai 500 miliar Rupiah lebih. Lebih besar maka lebih baik.

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *