Bisnis

Perkembangan Bisnis eCommerce di Indonesia

148
×

Perkembangan Bisnis eCommerce di Indonesia

Share this article
Perkembangan Bisnis eCommerce di Indonesia
Perkembangan Bisnis eCommerce di Indonesia
Example 468x60

Perkembangan Bisnis eCommerce, opini – Bisnis menjadi aktivitas yang sangat menjanjikan. Apalagi saat ini, sudah banyak perkembangan bisnis ecommerce yang bisa dilakukan oleh siapapun tanpa terkecuali. Bisnis ecommerce mudah dioperasikan, selain itu juga merupakan salah satu cara untuk mempromosikan bisnis dengan jangkauan yang lebih luas. Didukung dengan kepercayaan yang tinggi terhadap berbagai ecommerce di Indonesia.

Apa Itu eCommerce?

Terdapat beberapa definisi eCommerce menurut para ahli, antara lain yaitu:

Example 300x600
  1. Menurut Harmayani: eCommerce merupakan penyebaran, penjualan, pemasaran, pembelian barang atau jasa dengan sarana elektronik seperti jaringan komputer, televisi, www, dan jaringan internet lainnya.
  2. Menurut Akbar dan Alam: eCommerce merupakan pembelian, penjualan, dan pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik.
  3. Menurut Riswandi: eCommerce satu set dinamis ekonomi, aplikasi, dan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan konsumen dan komunitas tertentu melalui transaksi elektronik dan perdagangan barang, pelayanan/jasa, dan infomrasi yang dilakukan secara elektronik.

Maka dapat disimpulkan bahwa, eCommerce adalah sistem yang didalamnya terdapat transaksi jual beli melalui media online atau elektronik. Orang yang melakukan transaksi didalam ecommerce tidak akan kesulitan, karena dapat dilakukan secara online.

Perkembangan Bisnis eCommerce di Indonesia

Seperti yang kita semua ketahui, bahwa sudah lebih dari 100 ecommerce yang berdiri di Indonesia. Tentunya ecommerce berkembang pesat lantaran ada beberapa faktor yang mendukung. Nah, berikut ini merupakan faktor yang mampu mendorong perkembangan bisnis ecommerce di Indonesia, antara lain:

Pengguna Internet Meningkat

Hampir seluruh manusia di muka bumi tidak sanggup jauh dari internet. Begitu juga yang terjadi di Indonesia. eCommerce meningkat lantaran adanya internet yang digunakan dengan durasi yang jauh lebih lama. Tentunya hal tersebut, membuat eCommerce di Indonesia meningkat dengan pesat.

Kebiasaan ini akan menjadi salah satu faktor yang paling membantu eCommerce berkembang. Apalagi kini penggunaan internet memiliki peluang yang sangat besar di segala sektor.Mulai dari pendidikan, teknologi, hingga arsitektur. Semuanya akan selalu berkaitan dengan internet.

Internet sangat berperan penting untuk kehidupan saat ini. Rasanya semua masalah akan lebih mudah dihadapi dengan bantuan internet, salah satunya kesulitan untuk memasak. Semua orang kini bisa memasak dengan menonton tutorialnya di berbagai platform tertentu atau bahkan bisa menggunakan Google.

Penggunaan Media Sosial Tanpa Batas

Media sosial menjadi salah satu faktor yang bisa memengaruhi banyak orang. Tidak sedikit orang yang membeli suatu barang melalui eCommerce, karena mendapatkan iklan yang lewat di beranda. Hal ini dapat terjadi akibat adanya strategi marketing di media sosial. Meningkatnya penggunaan media sosial di Indonesia sangat memengaruhi perkembangan eCommerce.

Tak jarang influencer yang ditonton memberikan link yang mengarah ke eCommerce untuk audiens yang juga ingin menggunakan produk tersebut. Apalagi saat ini sudah banyak orang yang menjadi content creator baik melalui media sosial video atau hanya tulisan saja, seperti twitter. Semua orang bisa memberikan rekomendasi produk terbaik.

Perkembangan eCommerce bisa terpengaruhi dari meningkatnya penggunaan media sosial. Seperti yang kita ketahui, banyak orang yang mengguankan media sosial tanpa batas. Tidak peduli telah seberapa lama seseorang menggunakan media sosial. Selama seseorang menggunakan media sosial akan semakin berkembangnya transaksi online di eCommerce.

Munculnya Perusahaan Fintech

Fintech merupakan singkatan dari Financial Technology. Biasanya perusahaan ini akan memberikan dana talangan untuk melakukan transaksi diberbagai eCommerce. Perusahaan ini mulai bermunculan dengan berbagai promosi yang diberikan.

Kini sudah banyak juga perusahaan eCommerce yang bekerja sama dengan fintech untuk menarik konsumen agar selalu mau bertransaksi. Penggunaan fintech bahkan jauh lebih banyak dibanding eCommerce sendiri.

Tentunya perusahaan fintech bergerak lebih cepat dengan limit dana yang tinggi, sehingga banyak ornag yang tidak bisa mengatur pengeluaran biaya yang selama ini digunakan. Maka dari itu, eCommerce menjadi sangat berkembang seiring berjalannya waktu.

Artikel Terkait: 5 Teknologi Terkini yang Merubah Dunia Bisnis

Kesimpulan

Nah, itu dia beberapa faktor yang dapat menyebabkan Perkembangan Bisnis eCommerce di Indonesia menjadi cepat dan gesit. Terdapat 3 alasan yang mampu membuat eCommerce di Indonesia bergerak cepat. Maka dari itu, sampai saat ini eCommerce di Indonesia sangat berkembang baik.

Example 300250
Example 120x600