Aplikasi

Mau Zoom Tapi Gak Pede? Ini Dia 5 Cara Atasi Kamera Laptop Gelap Agar Jernih Kembali

191
×

Mau Zoom Tapi Gak Pede? Ini Dia 5 Cara Atasi Kamera Laptop Gelap Agar Jernih Kembali

Share this article
cara atasi kamera laptop gelap
Example 468x60

Cara Atasi Kamera Laptop Gelap, nomis.id – Aktivitas masa kini yang selalu melibatkan teknologi mengharuskan kamu untuk memiliki semua fasilitas untuk menunjang kegiatan sehari-hari. Namun tidak jarang menemukan masalah dari berbagai fasilitas yang harus selalu siap sedia saat melakukan banyak kegiatan, salah satunya adalah kamera laptop.

Banyak orang yang mengeluh perihal kamera laptopnya tampak gelap saat menampilkan dirinya pada sebuah kegiatan yang diadakan secara online, seperti saat menggunakan aplikasi zoom, google meet, dan Microsoft teams. Hal ini menjadi perhatian bagi semua orang yang ingin tetap bisa eksis saat harus menampilkan wajahnya, namun melalui 5 cara atasi kamera laptop gelap agar bisa jernih kembali akan mengembalikan kepercayaan diri.

Example 300x600

Tetapi ada cara singkat untuk bisa mendapatkan kamera anti burik, yaitu dengan membeli webcam tambahan khusus untuk digunakan pada saat keperluan yang melibatkan kamera laptop. Jadi, yang akan kamu gunakan nanti adalah hardware berupa kamera untuk menggantikan kamera bawaan laptop. Apabila hal itu dirasa berat, kami memberikan 5 cara atasi kamera laptop gelap agar jernih kembali.

cara atasi kamera laptop gelap

Penyebab kamera laptop gelap

Kamera laptop gelap dapat terjadi karena beberapa factor di bawah ini. Kamu jangan cepat menyimpulkan bahwa kamera laptop gelap karena kerusakan dan harus segera diganti, karena nyatanya apabila kamera laptop gelap dapat di atasi melalui berbagai cara untuk mengembalikan kejernikah kamera seperti sebelumnya.

Di bawah ini penyebab kamera laptop gelap adalah sebagai berikut:

  1. Driver kamera belum diinstall
  2. Software kamera laptop belum diperbarui menjadi versi terbaru
  3. Windows belum mendapatkan izin akses menggunakan kamera laptop
  4. Sistem kamera laptop belum diaktifkan atau masih dapat keadaan non-aktif
  5. Kesalahan pengaturan pada saat menggunakan aplikasi

Artikel terkait: Hati-Hati! 5 Aplikasi Sadap HP yang Bisa Digunakan Secara Diam-Diam Tanpa Kamu Ketahui

5 cara atasi kamera laptop gelap agar jernih kembali

Berikut ini telah kami sarankan memperbaiki kamera laptop gelap agar jernih kembali dengan 5 cara yang telah kami rangkum di bawah ini

1. Update Software Kamera

Kamera yang terpasang secara fisik pada laptop tentunya tidak berdiri sendiri, melainkan adanya software yang memberikan akses untuk kamera tersebut dapat bekerja secara maksimal. Software kamera akan selalu ada pada laptop mu, meskipun setiap laptop akan memiliki software kamera yang berbeda-beda.

Software bersifat tidak tetap dalam artian bahwa setiap software memiliki pengembangnya masing-masing yang bertugas untuk mencari tahu di mana kekurangan dari software tersebut, apabila adanya saran dan kritik yang membangun terhadap software tersebut, pihak pengembang akan merilis versi terbaru agar penggunaan kamera menjadi lebih maksimal.

Ini yang harus kamu perhatikan. Kamera laptop gelap dapat terjadi apabila kamu tidak mengupdate software kamera. Untuk itu, pastikan kamu selalu mengupdatenya setiap kali ada pemberitahuan update versi terbaru.

2. Update Windows

Selain kamera sebagai masalah utama yang kamu perhatikan karena tidak dapat berfungsi secara maksimal. Kamu juga harus memerhatikan windows yang sedang kamu gunakan saat ini pada laptopmu, karena hal ini pun menjadi factor utama untuk segala fungsi pada software yang terinstall pada laptop.

Pastikan kamu memiliki windows dengan versi terbaru agar kamera laptop gelap mu bisa kembali jernih seperti semula. Untuk kamu yang masih menggunakan versi lama dari windows seharusnya segera melakukan pembaruan atau update windows.

Cara mengupdate windows adalah dengan masuk ke setting, kemudian pilih update and security, lalu ke windows update.

3. Re-Install Driver Kamera Laptop

Cara berikut ini adalah cara yang banyak sekali digunakan untuk laptop yang memiliki kamera gelap. Kamu bisa juga mencobanya untuk menyelesaikan permasalahan terkait kamera laptop gelap yang sedang kamu hadapi saat ini.

Kamera memang merupakan sebuah komponen penting yang terdapat pada laptop. Kamu sebisa mungkin harus menjaganya agar tidak terjadinya error pada kamera saat akan digunakan nanti. Namun juga kamu harus memerhatikan driver kamera agar tetap bisa digunakan sebagaimana mestinya.

Apabila dirasa beberapa cara di atas tak bisa membuat kamera laptop gelap menjadi jernih kembali, saran kami silahkan untuk re-install driver kamera yang sudah terpasang sebelumnya di laptop. Kamera laptop gelap yang kamu alami akan jernih kembali saat kamu re-install driver kameranya.

4. Setting Kamera Laptop

Kamu yang memiliki masalah kamera laptop gelap dapat mengubah pengaturan kamera atau setting kamera melalui laptop mu. Hal ini pun harus diperhatikan oleh pengguna laptop yang sering menggunakan kamera sebagai komponen penting dalam aktivitas sehari-hari.

Untuk mengubah setting kamera pada laptop, kamu harus memastikan bahwa windows mu berada di windows 10 agar lebih mudah mengubah pengaturannya. Silahkan untuk buka setting, kemudian pilih privacy, lalu ke camera. Kemudian pilih allow apps to access your camera, klik on.

Scroll ke bawah pada menu Choose which apps can access your camera kemudian centang on untuk mendapatkan akses menggunakan kamera

5. Memasang Webcam Eksternal

Namun apabila semua cara telah kamu lakukan tetap tak membuahkan hasil. Mungkin memang sudah saatnya kamera laptopmu pensiun. Silahkan untuk beralih ke webcam eksternal saja untuk menyelesaikan permasalahan dari kamera laptop gelap.

Penutup

Itu dia 5 cara atasi kamera laptop gelap agar jernih kembali yang bisa kamu lakukan.

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *