AplikasiTipsUmum

Cara Menambahkan Pengalaman Kerja di LinkedIn agar Dilirik HRD

197
×

Cara Menambahkan Pengalaman Kerja di LinkedIn agar Dilirik HRD

Share this article
Cara Menambahkan Pengalaman Kerja di LinkedIn agar Dilirik HRD
Cara Menambahkan Pengalaman Kerja di LinkedIn agar Dilirik HRD
Example 468x60

Menambahkan Pengalaman Kerja di LinkedIn, opini – LinkedIn menjadi media besar saat ini. Di dalamnya terdapat ribuan akun HR yang berani mencari kandidat terbaik untuk perusahaannya. Banyak juga akun yang mengambil peluang dengan mempercantik akun LinkedIn agar dapat dipilih oleh HR. Biasanya HR akan melihat pengalaman yang dimiliki kandidatnya. Nah, saatnya kamu menambahkan pengalaman kerja di LinkedIn untuk dapat diperhatikan oleh HR yang sedang aktif merekrut.

Apa Itu LinkedIn?

LinkedIn merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk mencari kerja atau menemukan kandidat. Terdapat banyak akun dengan posisi yang berbeda-beda di setiap perusahaan. Akun yang kamu gunakan bisa dibuat menggunakan email aktif dengan mencantumkan nomor HP yang aktif.

Example 300x600

Kemudahan menggunakan LinkedIn sudah diketahui banyak orang, namun ternyata tidak bagi orang yang baru menggunakannya. LinkedIn memberikan berbagai fitur untuk digunakan sebagaimana mestinya, baik bagi rekrutmen ataupun kandidat.

HR yang sedang aktif merekrut membutuhkan kandidat terbaik dengan pengalaman luar biasa. maka dari itu, pastikan kamu memiliki pengalaman yang dibutuhkan oleh para HR sesuai dengan keahlian yang kamu miliki. Sehingga HR akan lebih mendahulukan kandidat yang memiliki pengalaman sesuai dengan keahlian.

Cara Menambahkan Pengalaman Kerja di LinkedIn

Pengalaman kerja merupakan salah satu kategori yang paling riskan, apabila kamu mengisinya tidak jujur. Namun akan menjadi sesuatu yang cemerlang dan berkilau, apabila kamu mengisinya dengan jujur sesuai dengan pekerjaan yang pernah kamu tangani sebelumanya. Baik di perusahaan lama ataupun di perusahaan baru. Di bawah ini terdapat cara yang tepat untuk menambahkan pengalaman kerja di Linkedin agar kamu bisa dilirik HR.

  1. Pastikan kamu sudah mendownload aplikasi LinkedIn
  2. Kemudian daftarkan akun mu
  3. Setelah akun berhasil di daftarkan, lalu klik profil
  4. Gulir ke bawah hingga menemukan tulisan, “Pengalaman”
  5. Setelah itu, klik tanda tambah (+) yang terdapat di sebelah kanan layar
  6. Klik tambah posisi
  7. Lalu isi posisi yang sedang kamu duduki saat ini
  8. Pilih jenis pekerjaan yang kamu geluti sekarang, misalnya purnawaktu
  9. Tuliskan nama perusahaan dengan benar tanpa salah
  10. Tambahkan lokasi tempat kamu bekerja
  11. Masukkan tanggal mulai kamu bekerja di perusahaan tersebut
  12. Isi deskripsi dengan memasukkan job desk yang kamu kerjakan selama berada di posisi tersebut
  13. Tambahkan juga 5 keahlian yang biasa kamu andalkan dalam menyelesaikan pekerjaan pada posisi tersebut dengan cara klik “tambahkan keahlian”
  14. Tambahkan media yang ingin kamu sematkan, bisa berupa link atau tautan portofolio, upload foto berupa surat keterangan kerja, atau lain sebagainya
  15. Kemudian lakukan pemeriksaan ulang mengenai posisi kerja tersebut dari atas hingga bawah
  16. Lalu klik simpan
  17. Selesai

Saat memasukkan posisi yang sedang kamu duduki di sebuah perusahaan, sebaiknya kamu juga mencantumkan berbagai pekerjaan yang sudah kamu handle atau kerjakan dengan baik. Gunakan kata kunci yang tepat sehingga akun LinkedIn mu bisa dilirik oleh HRD dari perusahaan lain.

Apabila kamu memiliki lebih dari 1 pengalaman kerja, sebaiknya tetap memasukkannya ke daftar pengalaman. Hal ini dilakukan untuk menarik perhatian para HRD yang sedang mencari kandidat terbaik. Barangkali kamu merupakan salah satunya yang dipercaya menggantikan orang yang sebelumnya berada diposisi tersebut.

Ketahui bahwa setiap posisi yang pernah kamu duduki memiliki value tersendiri. Sehingga HRD akan sangat mudah menemukanmu. Pilih keahlian yang sesuai dengan job desk yang kamu kerjakan setiap harinya. Jangan sampai memilih keahlian yang jauh dari pekerjaanmu. Hal ini dilakukan agar kamu terlihat profesional dan mampu bertanggungjawab terhadap seluruh job desk yang harus dikerjakan.

Artikel Terkait: 5 Aplikasi Pencatat Keuangan Terbaik dan Gratis di Android, Segera Unduh Supaya Kamu Bisa Hemat!

Kesimpulan

Itu lah kemudahan dalam menjadikan diri sebagai kandidat yang terbaik. Kamu hanya perlu mengetahui Cara Menambahkan Pengalaman Kerja di LinkedIn agar Dilirik HRD dengan cepat dan sigap. Profil yang kamu miliki pun harus terlihat meyakinkan sebagai salah satu kandidat terbaik.

Example 300250
Example 120x600